PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI MTsN 5 KEDIRI

FATIMATUZ ZAHRO', 126211202047 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII di MTsN 5 Kediri” yang ditulis oleh Fatimatuz Zahro’, NIM 126211202047, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Keaktifan, Hasil Belajar Peserta Didik. Model pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kurang bervariasi sehingga mengurangi keaktifan peserta didik saat proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini menyebabkan peserta dididk kurang memahami materi yang telah diberikan, apalagi materi IPA terutama fisika itu dirasa cukup sulit. Oleh karena itu, diperlukan upaya dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan Model Pembelajaran Numbered Head Together. Model pembelajaran ini dilakukan dengan banyak interaksi sesama peserta didik dalam menyelesaikan suatu masalah dan tugas. Model pembelajaran tersebut dapat membantu siswa dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap keaktifan peserta didik pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTsN 5 Kediri. (2) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTsN 5 Kediri. (3) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTsN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran Numbered Head Together, variabel terikatnya adalah keaktifan dan hasil belajar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan sampel di MTsN Kediri pada kelas VIII sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII A dan VIII B yang sama-sama berjumlah 33 peserta didik dengan populasi berjumlah 407 peerta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T-test (Independen Sampling T-test) dan uji Multivarians Analysis of Varians (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap keaktifan peserta didik pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTsN 5 Kediri. Dibuktikan dengan nilai Sig. 0,001 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTsN 5 Kediri. Dibuktikan dengan nilai Sig. 0,002 < 0,05 (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTsN 5 Kediri. Dibuktikan dengan nilai Sig. 0,001 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika > Tekanan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202047 FATIMATUZ ZAHRO'
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:55
Last Modified: 26 Aug 2024 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50849

Actions (login required)

View Item View Item