ERA SHELI SILFANA, 126405202147 (2024) PENGARUH KOREAN WAVE DAN PRODUCT PLACEMENT MEREK LOKAL INDONESIA DALAM DRAMA KOREA TERHADAP BRAND AWARENESS DAN PURCHASE INTENTION (Studi pada Masyarakat di Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (82kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (464kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Korean Wave dan Product Placement Merek Lokal Indonesia dalam Drama Korea terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention (Studi pada Masyarakat di Kabupaten Tulungagung)”, ditulis oleh Era Sheli Silfana, NIM. 126405202147, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Ahmad Supriyadi, M.Pd.I. Fenomena Korean Wave (Hallyu) telah menjadi tren global yang menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Salah satu aspek penting dari Korean Wave adalah drama Korea, dimana tren Korean Wave yang meningkat di Indonesia membuat drama Korea menjadi sangat populer, sehingga menciptakan peluang bagi merek-merek lokal untuk memanfaatkan product placement dalam drama Korea sebagai strategi periklanan. Oleh karena itu, product placement merek lokal Indonesia dalam drama Korea tersebut menjadi strategi periklanan yang menarik untuk dianalisis. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fenomena Korean Wave dan praktik product placement merek lokal Indonesia dalam drama Korea terhadap tingkat brand awareness dan purchase intention di kalangan masyarakat Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian asosiatif. Penelitian ini juga dikategorikan dalam penelitian survey karena teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Sampel pada penelitian ini sebesar 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling, dengan jenis purposive sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner online, serta data skunder yang diambil dari buku, jurnal, internet, dan sumber lain yang berkaitan dengan tema penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS, yaitu Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Korean Wave (X1) berpengaruh secara parsial terhadap Brand Awareness (Y1). Variabel Korean Wave (X1) berpengaruh secara parsial terhadap Purchase Intention (Y2). Variabel Product Placement (X2) berpengaruh secara parsial terhadap Brand Awareness (Y1). Variabel Product Placement (X2) berpengaruh secara parsial terhadap Purchase Intention (Y2). Kemudian, pada hubungan simultan, variabel Korean Wave (X1) dan Product Placement (X2) berpengaruh secara simultan terhadap Brand Awareness (Y1) serta variabel Korean Wave (X1) dan Product Placement (X2) berpengaruh secara simultan terhadap Purchase Intention (Y2). Kata Kunci: Korean Wave, Product Placement, Brand Awareness, Purchase Intention, Drama Korea (K-Drama)
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Pemasaran Ekonomi > Promosi Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 126405202147 ERA SHELI SILFANA |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 07:15 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 07:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51006 |
Actions (login required)
View Item |