STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (Studi Kasus di Pabrik Kerupuk LANCAR JAYA Tulungagung)

ZIDAN FARIHA, 126402203218 (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (Studi Kasus di Pabrik Kerupuk LANCAR JAYA Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat (Studi Kasus di Pabrik Kerupuk Lancar Jaya)” yang diteliti oleh Zidan Fariha, NIM. 126402203218, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Dr. Suminto, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi dangan adanya strategi pengembangn yang diakukan suatu Perusahaan. Stategi pengembangan merupakan komponen yang sangat penting bagi suatu Perusahaan dalam mengembangkan atau memajukan perusahaannya. Dengan berkembangnya suatu perusaahaan dapat membuka kesempatan dan lapangan kerja baru bagi Masyarakat yang mengakibatkan meningkatnya perekonomian Masyarakat sekitar. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah 1) Bagaimanakah Strategi Pengembangan produk dan penjualan UMKM Kerupuk Lancar Jaya dalam meningkatkan perekonomian Masyarakat? 2) Bagaimanakah Kendala Strategi Pengembangan UMKM Kerupuk Lancar Jaya dalam meningkatkan perekonomian Masyarakat? 3) Bagaimanakah Solusi Strategi Pengembangan UMKM Kerupuk Lancar Jaya dalam meningkatkan perekonomian Masyarakat? Metode penelitian pada skripsi ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas yang dipakai ialah menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah 1) Strategi pengembangan produk dan penjualan UMKM Kerupuk Lancar Jaya yaitu pertama dengan melakukan perencanaan yaitu dengan membuat inovasi produk, penetapan Lokasi dan juga melakukan target pasar, kedua pelaksanaan yaitu dengan melakukan monitoring kinerja karyawan-karyawan, pelangan, dan juga pemasok bahanbahan, ketiga hasil yaitu meningkatkan pendapatan Masyarakat sekitar maupun luar desa, Menambah lapangan pekerjaan bisa membatu Masyarakat sekitar pabrik maupun luar desa untuk bekerja di Pabrik Kerupuk Lancar Jaya, Menjalin hubungan Kerjasama usaha dengan pengusaha lain, 2) Kendala Strategi Pengembangan UMKM Kerupuk Lancar Jaya yaitu kurangnya modal, produk yang tidak diterima dipasaran, pemasaran yang tidak efektif, persaingan yang cukup ketat, dan tidak bertahan lamanya produk, 3) Solusi Strategi Pengembangan UMKM Kerupuk Lancar Jaya yaitu memanfaatkan teknologi, tenaga kerja ahli, inovasi produk, kerja sama dengan pengusaha lain, dan menjaga kupuasan pelanggan. Kata Kunci: Perekonomian Masyarakat, Strategi Pengembangan, UMKM.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402203218 ZIDAN FARIHA
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:57
Last Modified: 21 Aug 2024 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51239

Actions (login required)

View Item View Item