STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS IKLAN PADA POSTINGAN AKUN INSTAGRAM TOKO ONLINE DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR MENULIS TEKS IKLAN DI SMP KELAS VIII

NALA INAYAH, 126210201005 (2024) STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS IKLAN PADA POSTINGAN AKUN INSTAGRAM TOKO ONLINE DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR MENULIS TEKS IKLAN DI SMP KELAS VIII. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (933kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (78kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nala Inayah. (2024) Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Iklan pada Postingan Akun Instagram Toko Online dan Relevansinya sebagai Materi Ajar Menulis Teks Iklan di SMP Kelas VIII. Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata kunci: Analisis, Struktur, Ciri Kebahasaan, Iklan, Materi Ajar Struktur dan ciri kebahasaan dalam teks iklan merupakan unsur yang fundamental dalam iklan, kedua unsur tersebut adalah unsur pembangun untuk menciptakan sebuah teks iklan yang baik dan benar. Dalam pembuatan teks iklan masih banyak peserta didik yang kurang menguasai dan kurang tertarik mengenai materi struktur dan ciri kebahasaan teks iklan. Minimnya materi ajar atau bahan pembelajaran merupakan salah satu faktor kuat kurangnya pemahaman dan ketertarikan perihal materi teks iklan di SMP kelas VIII. Berdasarkan permasalahan tersebut, materi ajar atau bahan ajar menjadi salah satu solusi bagi guru dan peserta didik untuk membantu proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis struktur dan ciri kebahasaan teks iklan pada postingan insatagram toko online, serta untuk mendeskripsikan penggunaan hasil analisis struktur dan ciri kebahasaan toko online sebagai materi ajar atau bahan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VIII khususnya pada teks iklan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat pada pada postingan instagram toko online yang mengandung struktur dan ciri kebahasaan teks iklan. Sumber data pada penelitian ini adalah teks iklan yang terdapat pada postingan instagram tiga toko online yakni @ shopee_id, @ tokopedia, dan @ lazada_id. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis konten pada ketiga akun instagram, dokumentasi, dan wawancara kepada guru serta peserta didik di SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, data yang telah didapat selanjutnya diolah dan direlasikan dengan teori yang relevan lalu disimpulkan. Hasil dari penelitian ini peneliti menemukan bahwa pada postingan akun instargam toko online mengandung struktur teks iklan yakni orientasi, tubuh iklan, dan justivikasi. terdapat 14 teks memiliki struktur yang utuh yaitu orientasi, tubuh iklan dan justivikasi, lalu ada 1 teks yang hanya memiliki 2 struktur yaitu tubuh iklan dan justivikasi. Kedua, Peneliti menemukan bahwa pada postingan akun instargam toko online mengandung ciri kebahasaan teks iklan yakni kalimat persuasif, imperatif, slogan, berirama, berkesan positif, pengganti subjek orang pertama, dan ringkas. Terdapat 13 teks memiliki ciri kebahasaan menggunakan kalimat persuasif, 4 teks memiliki ciri kebahasaan menggunakan slogan, 11 teks memiliki ciri kebahasaan menggunakan kalimat impertif, 2 teks memiliki ciri kebahasaan menggunakan subjek orang pertama, 1 teks memiliki ciri kebahasaan berirama, 13 teks memiliki ciri kebahasaan menggunakan kalimat bersifat positif, dan 8 teks memiliki ciri kebahasaan menggunakan kalimat yang ringkas. Teks iklan pada postingan instagram toko online, telah memenuhi kriteria untuk dijadikan materi ajar atau bahan pembelajaran yang dikhususkan pada elemen menulis dalam materi teks iklan di SMP kelas VIII kurikulum merdeka, baik dari segi struktur teks maupun ciri kebahasaan teks dengan menyesuaikan pada elemen berbahasa dan capaian pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapan menjadi materi ajar yang bermanfaat bagi pendidik maupun peserta didik dalam membantu proses belajar dan mengajar untuk mencapai capaian pembelajaran yang diharapkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210201005 NALA INAYAH
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:50
Last Modified: 26 Aug 2024 04:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51262

Actions (login required)

View Item View Item