PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI PESERTA DIDIK KELAS V MI RADEN FATAH JEMEKAN RINGINREJO KEDIRI

DWI PUSPITASARI, 2817133037 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI PESERTA DIDIK KELAS V MI RADEN FATAH JEMEKAN RINGINREJO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar SKI Peserta Didik Kelas V MI Raden Fatah Jemekan Ringinrejo Kediri” ini ditulis oleh Dwi Puspitasari 2817133037, jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Hj. Luluk Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci : Model Kooperatif, Think Pair Share, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran SKI di madarasah, yang hasil belajar peserta didiknya masih relatif rendah. Aktifitas dalam proses pembelajaran kebanyakan didominasi guru dan kurang melibatkan peserta didik. Peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran dan menerima materi dengan mendengarkan penjelasan dari guru. Guru kurang menggunakan model pembelajaran yang kreatif. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan diharapkan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah: 1) Bagaimana keaktifan belajar melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share mata pelajaran SKI materi Fatkhu Makkah pada peserta didik kelas V MI Raden Fatah Ringinrejo Kediri? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share mata pelajaran SKI materi Fatkhu Makkah pada peserta didik kelas V MI Raden Fatah Ringinrejo Kediri? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan keaktifan belajar melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran SKI materi Fatkhu Makkah pada peserta didik Kelas V MI Raden Fatah Ringinrejo Kediri. 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share mata pelajaran SKI materi Fatkhu Makkah pada peserta didik KelasV MI Raden Fatah Ringinrejo Kediri. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanakan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Raden Fatah Jemekan Ringinrejo Kediri. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan ini adalah jika ketuntasan belajar peserta didik terhadap materi mencapai 75% dan peserta didik yang mendapat nilai KKM 65 setidak-tidaknya 75% dari jumlah seluruh peserta didik. Adapun langkah-langkah penerapan metode tersebut meliputi: Tahap awal: 1) Membuka pelajaran, 2) Menyampaiakan tujuan pembelajaran, 3) Memberikan motivasi. Tahap inti: 1) Mengamati media pembelajaran 2) Penjelasan materi 3) Membagikan lembar kerja 4) Mengerjakan lembar kerja secara individu (think) 5) Mengerjakan lembar kerja dengan cara menggabungkan jawaban (pair) 6) Mempresentasikan hasil diskusi (share) 7) Menanggapi jawaban yang telah dipresentasikan. Tahap akhir: 1) Menyimpulkan hasil pembelajaran, 2) Pemberian soal post test. Pada observasi siklus I hasil aktivitas peneliti menunjukkan skor 83,57% sedangkan aktivitas peserta didik menunjukkan skor 83,08% dan hal ini berada pada kategori baik. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang menunjukkan pada hasil aktivitas peneliti sebesar 89,29% dan pada aktivitas peserta didik sebesar 91,54% dan hal ini berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Peningkatan keaktifan belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share mata pelajaran SKI materi Fatkhu Makkah peserta didik kelas V MI Raden Fatah Jemekan Ringinrejo Kediri menunjukkan skor hasil observasi sebesar 73,86% dan berada pada kategori baik. Sedangkan pada siklus II hasil observasi keaktifan belajar mencapai mencapai presentase 89,77% dan hal ini berada pada kategori sangat baik. 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran SKI materi Fatkhu Makkah peserta didik kelas V MI Raden Fatah Jemekan Ringinrejo Kediri. Pada tes awal nilai rata-rata kelas yaitu 63,3 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 50%. Pada siklus I presentase ketuntasan belajar sebesar 61,1% dengan rata-rata kelas 66,7, sedangkan pada siklus II telah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata 80,6 dengan presentase 83,3%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133037 DWI PUSPITASARI
Date Deposited: 05 Jun 2017 06:25
Last Modified: 05 Jun 2017 06:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5146

Actions (login required)

View Item View Item