ANALISIS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-HIDAYAH SENDEN TRENGGALEK

SEPTYAN SELVINA, 126206202059 (2024) ANALISIS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-HIDAYAH SENDEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari untuk Menstimulasi Keterampilan Motorik Kasar Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Hidayah Senden Trenggalek” ini ditulis oleh Septyan Selvina, NIM. 126206202059, pembimbing Etty Zakiya Pratiwi, M.Pd. Kata Kunci: Ekstrakurikuler Seni Tari, Motorik Kasar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan ekstrakurikuler seni tari di RA Al-Hidayah Senden yang dapat membantu menstimulasi keterampilan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun. Dimana stimulasi keterampilan motorik kasar pada anak sangat mempengaruhi masa depannya. Motorik kasar itu sendiri berkaitan dengan otot-otot besar anak. Seperti melompat, meloncat, berjinjit, dan lain sebagainya. Fokus penelitiannya adalah kegiatan ekstrakurikuler seni tari untuk menstimulasi keterampilan motorik kasar dan pertanyaan penelitiannya adalah bagaimana kegiatan ekstrakurikuler seni tari dalam menstimulasi keterampilan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun di RA Al-Hidayah Senden? Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dengan teori kegiatan ekstrakurikuler seni tari yang dapat menstimulasi keterampilan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun di RA Al-Hidayah Senden Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari informasi, situasi lokasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data dan pengecekan keabsahan temuan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Kegiatan ekstrakurikuler seni tari di RA Al-Hidayah Senden sangat membantu dalam menstimulasi keterampilan motorik kasar pada anak. Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari dirancang secara bersama-sama dengan musyawarah antara kepala sekolah, guru dan wali murid sedangkan perencanaan sebelum dimulai kegiatan tersebut maka merencanakan materi pembelajaran. Tariannya terdiri dari tiga tarian, yaitu tari semut, tari rodat, dan tari bermain. Proses kegiatannya menggunakan metode demonstrasi atau modelling, jadi guru mencontohkan terlebih dahulu kemudian anak menirukan gerakan, jika anak belum bisa dan belum hafal maka akan diulang. Stimulasi keterampilan motorik kasar yang diberikan sangat memberikan pengaruh terhadap perkembangan motorik anak seperti pemberian stimulasi dengan gerakan tari yaitu berjinjit, melompat, menggerakkan tangan, menggelengkan kepala, berputar, merangkak, jongkok, dan lain sebagainya. Evaluasi yang dilakukan dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari yaitu dengan mengevaluasi gerakan-gerakan yang sudah diajarkan dan catatan anekdot.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206202059 SEPTYAN SELVINA
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:37
Last Modified: 26 Aug 2024 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51582

Actions (login required)

View Item View Item