PEMBELAJARAN EKSPLORASI SAINS DALAM MENSTIMULASI SELF-RESILLIENCE PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA PLUS KARTINI

ULFA ROSYADA MAULIDA, 126206202064 (2024) PEMBELAJARAN EKSPLORASI SAINS DALAM MENSTIMULASI SELF-RESILLIENCE PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA PLUS KARTINI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (792kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pembelajaran Eksplorasi Sains dalam Menstimulasi Self- Resillience pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Plus Kartini” ini ditulis oleh Ulfa Rosyada Maulida, NIM 126206202064, pembimbing Bapak Ahmad Mushlih, M.Pd. Kata kunci: eksplorasi sains, self-resiliience Penelitian dalam skripsi dilatarbelakangi oleh strategi yang digunakan pendidik dalam mengoptimalkan daya kebertahanan anak. Dimana pendidik lebih berani dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran pada program ekplorasi sains yang hanya ada di RA Plus Kartini. Adanya program tersebut, perkembangan rasa ingin tahu anak, tingkat emosional anak, dan ketangguhan anak terlihat berkembang secara baik. Sehingga peneliti tertarik untuk menggali dan mengetahui lebih dalam tentang strategi optimalisasi perkembangan self- resiliience anak pada pembelajaran eksplorasi sains di RA Plus Kartini. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi dari eksplorasi sains guna menstimulasi self-resilience anak di RA Plus Kartini, (2) Apa saja aspek self-resilience anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan eksplorasi sains di RA Plus Kartini, (3) Bagaimana kendala sekaligus solusi yang efektif dari kegiatan dari eksplorasi sains guna menstimulas self- resilience anak di RA Plus Kartini. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan penemuan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Pelaksanaan program kegiatan eksplorasi sains dengan menggunakan metode diskusi (discussion method), metode demontrasi (demonstration method), dan metode percobaan (experimental method). Hasil evaluasi kemudian disusun menjadi laporan mingguan hasil belajar anak mencakup penilaian sikap dan pengetahuan anak. (2) Aspek resiliensi anak dalam kegiatan eksplorasi sains di RA Plus Kartini ini, yaitu resiliensi fisik (physical resilience), resiliensi mental (mental resilience), resiliensi emosional (emotional resilience), dan resiliensi sosial (social resilience). (3) Ada tiga kendala yaitu karakter individu anak yang lemah dalam pengambilan kontrol diri dan lingkungan, anak mengalami keterlambatan kemampuan dalam menyampaikan sesuatu atau berbicara, kurangnya pengasuhan fisik seperti stimulasi emosi dari orang tua. Cara mengatasinya guru menetapkan larangan yang tidak boleh dilanggar sebelum kegiatan eksplorasi sains, tetap berkomunikasi secara aktif, dan menjalin rekonsiliasi antara anak, guru, dan orang tua dengan strategi home visit untuk memperoleh informasi dan membangun komunikasi yang baik dalam menuntaskan permasalahan anak di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206202064 ULFA ROSYADA MAULIDA
Date Deposited: 30 Aug 2024 08:41
Last Modified: 30 Aug 2024 08:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51948

Actions (login required)

View Item View Item