تعليم اللغة العربية بإستخدام طريقة تقديم القصة في الصف العاشر من المدرسة الثانوية الإسلامية دار السلام جومبانج للعام الدراسي 2023/2024 م

NINIS MAULIDIA, 126202202059 (2024) تعليم اللغة العربية بإستخدام طريقة تقديم القصة في الصف العاشر من المدرسة الثانوية الإسلامية دار السلام جومبانج للعام الدراسي 2023/2024 م. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (516kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Story Telling di Kelas X Madrasah Aliyah Darussalam Jombang Tahun Ajaran 2023/2024 “ yang ditulis oleh Ninis Maulidia, NIM 126202202059 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Muhammad Musthofa Ludfi, S.Pd., M.Pd.I. NIDN 2012098402 Kata Kunci : Pembelajaran, Bahasa Arab, Metode Story Telling Konteks Penelitian : Pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode story telling biasanya identik dengan cerita. Dimana metode story telling merupakan suatu metode bercerita guna untuk menjelaskan suatu kejadian dan melukiskan tujuan tertentu dengan jelas.Metode story telling ini dapat menarik minat siswa dalam belajar, melatih pemahaman materi ajar, melatih pemahaman siswa terkait kosa kata bahasa Arab serta dapat meningkatkan penguasaan keterampilan siswa dalam mendengarkan, berbicara, membaca serta menulis. Rumusan Masalah : 1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan metode story telling di kelas X Madrasah Aliyah Darussalam Jombang?, 2) Apa saja kendala dalam proses belajar mengajar dalam pembelajaran bahasa Arab dengan metode storytelling di kelas X Madrasah Aliyah Darussalam Jombang ?, 3) Bagaimana upaya yang dilakukan untuk menghadapi kendala dalam proses belajar mengajar pembelajaran bahasa Arab dengan metode storytelling di kelas X Madrasah Aliyah Darussalam Jombang ?. Metode penelitian : Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian kualitatif ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan dan kesimpulan. Data yang dianalisis tersebut akan diuji keabsahannya dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil Penelitian : 1) Dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode sam’iyah wa story’ telling terdapat 3 tahapan yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup.. 2) Kendala dalam menggunakan metode story telling menjadi dua, yaitu dari guru dan dari siswa. Adapun dari guru yaitu kurang semangatnya siswa dalam memahami materi baru. Adapun kendala dari siswa yaitu sulit menyusun cerita yang sudah dibaca karena belum mengetahui arti mufradatnya dan belum memahami ceritanya, siswa merasa bahwa pembelajarannya itu terlalu monoton dan sangat menjenuhkan dan siswa cepat merasa bosan ketika penyajian cerita tidak menarik atau terpaku. 3) Upaya dalam menghadapi kendala dengan menggunakan metode story telling yaitu guru meminta siswa untuk memiliki kamus , guru mengemas pembelajaran dengan metode baru, guru meminta siswa untuk memperhatikan penjelasannya, guru melakukan pendekatan kepada siswa yang pasif, guru memberi motivasi belajar kepada siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202202059 NINIS MAULIDIA
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:43
Last Modified: 02 Sep 2024 08:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52120

Actions (login required)

View Item View Item