KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH MODERN (Analisis Isi Pesan Dakwah Pada Akun Instagram @Akhlaqpedia)

NATASYA ARIANTO PUTRI, 126304201003 (2024) KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH MODERN (Analisis Isi Pesan Dakwah Pada Akun Instagram @Akhlaqpedia). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR.pdf

Download (93kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)

Abstract

Transformasi dakwah menjadi lebih bervariatif dan kreatif dengan adanya media sosial. Salah satu dari keragaman cara berdakwah di media sosial adalah komik yang berfungsi sebagai sarana menyampaikan suatu pesan dakwah kepada mad'u dalam hal pengguna media sosial Instagram. Komik digunakan sebagai media untuk berdakwah dan menyampaikan nilai-nilai Islam dengan cara yang tidak umum, yaitu menggunakan ilustrasi berupa gambar yang dibubuhi dengan teks yang bertema pesan-pesan dakwah. Fokus dalam penelitian ini adalah pesan dakwah dalam unggahan komik pada akun Instagram @Akhlaqpedia yang kemudian akan dijelaskan berdasarkan interpretasi dan dalil agama yang relevan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori analisis isi milik Philipp Mayring dan karakteristik milik Endang Saifuddin Anshari. Data-data yang dibutuhkan akan diperoleh melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah akun Instagram @Akhlaqpedia. Hasil dari penelitian yang didapatkan dari sembilan postingan komik akun @Akhlaqpedia yang telah dianalisis yaitu dua pesan dakwah Akidah, tiga pesan dakwah Syariah, dan empat pesan dakwah Akhlak. Kemudian masing-masing kategori melahirkan sub kategori, yaitu pesan dakwah Akidah (Iman kepada Allah SWT), pesan dakwah Syariah (muamalah, munakahah, dan ibadah), dan pesan dakwah Akhlak (Akhlak kepada diri sendiri, masyarakat, dan lingkungan alam). Akun tersebut memiliki peranan dalam berdakwah yaitu berfungsi untuk mendakwahkan Islam dengan menyebarkan ajaran pesan dakwah, serta menjadi tempat untuk berdiskusi para pengikut akun Instagram @Akhlaqpedia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304201003 NATASYA ARIANTO PUTRI
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:50
Last Modified: 03 Sep 2024 03:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52159

Actions (login required)

View Item View Item