ENY MASRUROH, 2814133061 (2017) ENY MASRUROH, 2814133061 (2017)PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGUNUT. [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (200kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (222kB) |
Abstract
ABSTRAK: Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Lingkaran Siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut” ditulis oleh Eny Masruroh, NIM. 2814133061 pembimbing Ummu Sholihah, M. Si. Kata Kunci: Make a Match, Kontekstual, Hasil Belajar, dan Lingkaran. Fenomena rendahnya minat dan hasil belajar pada pelajaran matematika banyak dialami siswa di sekolah-sekolah mulai jenjang SD sampai SMA. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional sehingga dapat menimbulkan siswa cepat bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Banyak sekali model pembelajaran yang dapat merangsang siswa aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran make a match, dimana model pembelajaran ini melibatkan aktivitas siwa tanpa harus ada perbedaan status dan bersifat menyenangkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen, teknik sampling dengan purposive sampling dan sampel yang diambil adalah siswa SMPN 1 Ngunut. Metode pengumpulan data berupa: observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang sebelumnya telah diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut. Hal ini terbukti dari perhitungan data diperoleh t_hitung=4,690>t_tabel=1,980 dengan menggunakan taraf signifikan 5%. 2) Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut adalah 55,4% dengan kategori tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133061 Eny Masruroh |
Date Deposited: | 14 Jun 2017 04:04 |
Last Modified: | 14 Jun 2017 04:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5225 |
Actions (login required)
View Item |