تطبيق الوسائط الغنائية لتحسين قدرة حفظ المفردات في تعلم اللغة العربية لطلاب في الصف السابع بالمدراسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 6 تولونج أجونج

ALVIN MAULIDINA, 126202201029 (2024) تطبيق الوسائط الغنائية لتحسين قدرة حفظ المفردات في تعلم اللغة العربية لطلاب في الصف السابع بالمدراسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 6 تولونج أجونج. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (539kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Media Lagu Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Pada Siswa Kelas 7 Mts Negeri 6 Tulungagung”, yang ditulis Alvin Maulidina, NIM. 126202201029. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Kojin, M.A. Kata kunci: Media lagu, Pembelajaran Bahasa arab, Menghafal Kosakata. Peneliti mengambil penelitian terhadap media lagu dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bagi peserta didik kelas VII MTs, karena tujuan inti dari penelitian yang penyusun lakukan, ialah untuk menjelaskan serta memahami tata cara pendidik untuk menangani peserta didiknya yang masih kesulitan dalam menghafal mufradat. Para ahli telah memaparkan bahwasanya terdapat begitu banyaknya variasi media yang dapat dimanfaatkan pendidik pada proses pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan materi dan juga obyek yang akan dituju. Inilah yang menjadikan betapa pentingnya memilih media pembelajaran, yang merupakan sebagai kunci penunjang, guna meminimalisir ketidak efektifan suasana kelas menjadi menyenangkan dan tidak membosankan, serta dapat memberikan ruang lebih luas pada ilmu agar lebih mudah tepat sasaran serta tersalurkan secara utuh kepada peserta didik, khususnya terhadap peserta didik yang masih merasakan kesulitan dalam belajar. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan media lagu dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata pada siswa kelas 7 Mts Negeri 6 Tulungagung? 2) Bagaimana penerapan media lagu dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata pada siswa kelas 7 Mts Negeri 6 Tulungagung? 3) Bagaimana masalah media lagu dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata pada siswa kelas 7 Mts Negeri 6 Tulungagung? Adapun tujuan skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan media lagu dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata pada siswa kelas 7 Mts Negeri 6 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui penerapan media lagu dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata pada siswa kelas 7 Mts Negeri 6 Tulungagung. 3) Untuk mengetahui masalah media lagu dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata pada siswa kelas 7 Mts Negeri 6 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reuksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi teknik dan sumber data. Hasil dari penelitian implementasi menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab di MTsN 6 Tulungagung terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dengan media lagu yang diterapkan oleh pendidik memudahkan peserta didik dalam menghafalkan kosakata, karena peserta didik merasa senang dengan kegiatan bernyayi, menjadikan pembelajaran tidak membosankan, dan tidak monoton. Hasil tersebut dapat dilihat dari perbandingan nilai ulangan harian yang didapat dari pembelajaran dengan menggunakan media lagu dan tidak menggunakan media lagu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi media lagu dalam pembelajaran bahasa arab dapat meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa arab.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202201029 ALVIN MAULIDINA
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:39
Last Modified: 09 Sep 2024 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52933

Actions (login required)

View Item View Item