NAYANDRA PRAYUDIRA ADAM, 126101201065 (2024) ETIKA BISNIS ISLAM FAIR TRADE TERHADAP PERSAINGAN HARGA PRODUK ANTARA PENJUAL TIKTOK SHOP DENGAN PENJUAL PAKAIAN DI PASAR LEGI KOTA BLITAR DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1999 TENTANG LARANGAN PRAKTIK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (983kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (483kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (457kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (781kB) |
Abstract
Nayandra Prayudira Adam, NIM. 126101201065, Etika Bisnis Islam Fair Trade Terhadap Persaingan Harga Produk Antara Penjual Tiktok Shop Dengan Penjual Pakaian di Pasar Legi Kota Blitar Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktik Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing : Abdul Khair Wattimena, M.H., Kata Kunci: Persaingan Harga, Etika Bisnis Islam, Fair Trade, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Kata Kunci : Persaingan Harga, Etika Bisnis Islam, Fair Trade, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak sehat Persaingan usaha adalah ketika kelompok usaha atau perorangan berlomba untuk mencapai tujuan yang diinginkan seperti konsumen, pangsa pasar, peringkat survei atau sumber daya yang dibutuhkan. Secara umum persaingan usaha adalah perseteruan atau rivalitas antara pelaku bisnis yang secara independen berusaha mendapatkan konsumen dengan menawarkan harga yang baik dengan kualitas barang atau jasa yang baik. Adanya persaingan menuntut pelaku usaha untuk terus memperbaiki produk atau jasa yang dihasilkan serta terus melakukan inovasi, berupaya kerasa memberi barang atau jasa secara efisien. Bagi konsumen, dengan adanya persaingan memberikan pilihan dalam barang atau jasa tertentu dengan harga yang minimal dan kualitas yang tinggi. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan etika bisnis Islam Fair Trade terhadap praktik persaingan harga produk antara penjual Tiktok Shop dengan penjual pakaian di Pasar Legi Kota Blitar ?, 2) Bagaimana penerapan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat terhadap praktik persaingan harga produk antara penjual Tiktok Shop dengan penjual pakaian di Pasar Legi Kota Blitar ?, 3) Bagaimana solusi untuk menciptakan persaingan harga produk yang sehat dan adil antara penjual Tiktok Shop dan penjual pakaian di Pasar Legi Kota Blitar dalam tinjauan etika bisnis Islam ? Metode yang dilakukan adalah metode penelitian penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, analisis data, verivikasi penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) praktik persaingan harga produk antara penjual Tiktok Shop dengan penjual pakaian di Pasar Legi Kota Blitar dalam perspektif etika bisnis Islam Fair Trade masih belum sepenuhnya sesuai karena masih ada beberapa penjual yang tidak memperhatikan aturan yang berlaku dan tidak transparan dalam memberikan harga, 2) penerapan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktik Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat dalam persaingan harga produk antara penjual Tiktok Shop dengan penjual pakaian di Pasar Legi Kota Blitar, masih belum sepenuhnya sesuai karena adanya kesenjangan harga dan penguasaan pasar menimbulkan terjadinya monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, 3) Rumusan solusi dari penelitian ini adalah himbauan kepada penjual untuk mematuhi aturan norma dari etika bisnis Islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > E-Commerce Ekonomi > Etika Bisnis Ekonomi > Harga Ekonomi > Jual Beli Ekonomi > Pasar Ekonomi > Pemasaran Ekonomi > Ekonomi Syariah Ekonomi > Toko Online |
Divisions: | Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 126101201065 NAYANDRA PRAYUDIRA ADAM |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 07:23 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52936 |
Actions (login required)
View Item |