STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRI BAKPIA HIKMAH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DAN MENINGKATKAN PENJUALAN PADA BAKPIA HIKMAH DESA GEMBLEB KECAMATAN POGALAN KABUPATEN TRENGGALEK

SHERLYZA YUNIKA SRI AGUSTIN, 126405201077 (2024) STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRI BAKPIA HIKMAH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DAN MENINGKATKAN PENJUALAN PADA BAKPIA HIKMAH DESA GEMBLEB KECAMATAN POGALAN KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (176kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Home Industri Bakpia Hikmah Dalam Menghadapi Persaingan dan Meningkatkan Penjualan Pada Bakpia Hikmah Desa Gembleb Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek” Ditulis oleh Sherlyza Yunika Sri Agustin, NIM 126405201077, dengan dosen pembimbing Syamsul Umam, S.H.I., M.H. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah persaingan usaha yang semakin ketat, pada awalnya pengusaha Bakpia Hikmah belum dikenal oleh masyarakat sehingga omset yang dihasilkan tidak banyak. Namun dengan pesatnya pertumbuhan teknologi maka pemilik Bakpia Hikmah melakukan pemasaran dengan media sosial dan mengikuti bazar. Lambat laun karena murah dan rasanya yang enak bakpia tersebut menjadi makanan yang dekat dengan masyarakat. Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan Bakpia Hikmah dalam menghadapi persaingan antar sesama pengusaha, bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan Bakpia Hikmah dalam meningkatkan penjualan produknya dan kendala maupun solusi Bakpia Hikmah dalam menerapkan strategi pemasaran guna menghadapi persaingan dan meningkatkan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan strategi pemasaran home industri Bakpia Hikmah dalam menghadapi persaingan dan meningkatkan penjualan di desa Gemleb. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian berada di Home Industri Bakpia Hikmah Desa Gemleb. Subjek penelitian ini adalah pemilik usaha, karyawan, dan konsumen dari Bakpia Hikmah. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam teknik menganalisis data terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi pemasaran yang dilakukan pengusaha dalam menghadapi persaingan adalah: strategi produk: menjaga kualitas dan mempertahankan ciri khas produk, harga: produk dijual sesuai kualitas barang, distribusi: dengan cara pemesanan dan menyediakan layanan pesan antar. 2) Strategi pemasaran yang dilakukan pengusaha untuk meningkatkan penjualan adalah; promosi dengan menggunakan media sosial facebook, survey langsung lapangan dengan bertanya langsung kepada konsumen. 3) Kendala dan solusi pada strategi pemasaran meliputi: a) Kendala yang dialami: Produk: mengalami kegagalan produksi yaitu produk yang hangus dan belum matang saat proses oven, harga: konsumen masih melakukan penawaran harga, distribusi: kendaraan yang kurang, promosi: belum maksimal. b) Solusi yang dialami: Produk: memberikan tranning dan pemantauan kepada karyawan, Harga: Memberikan promo, distribusi: dengan menambah kendaraan dan mencari orang untuk mengantar bakpia ketika pesanan banyak, promosi: dengan memasang banner dan memanfaatkan media elektronik serta mengikuti bazar. Segala strategi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi dan penjualan. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Persaingan, Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405201077 SHERLYZA YUNIKA SRI AGUSTIN
Date Deposited: 09 Sep 2024 08:57
Last Modified: 09 Sep 2024 08:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52982

Actions (login required)

View Item View Item