PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

PADMA DWI CAHYA, 12201193216 (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI..pdf

Download (361kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Padma Dwi Cahya. NIM: 12201193216, 2024, “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing: Dr. H. Ali Rohmad, M.Ag. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fokus utama pendidikan saat ini di lokasi penelitian terlalu cenderung pada aspek kognitif siswa sedangkan kecerdasan emosional sering kali diabaikan. Yang mana kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor penting yang seharusnya dimiliki oleh siswa untuk meraih hasil belajar yang lebih baik di sekolah. Dengan adanya pengaruh kecerdasan emosional yang tinggi membuat aktivitas otak akan meningkat, sehingga dapat berkonsentrasi jauh lebih baik yang akhirnya hasil belajar siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Melihat pentingnya kecerdasan emosional terhadap siswa, maka peneliti ingin membuktikan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang penting terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Permasalahan : 1. Adakah pengaruh kecerdasan emosional dalam aspek kesadaran diri (X1) terhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran PAI (Y) di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung?; 2. Adakah pengaruh kecerdasan emosional dalam aspek pengaturan diri (X2) terhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran PAI (Y) di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung?; 3. Adakah pengaruh kecerdasan emosional (X) terhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran PAI (Y) di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung?. Pendekatan penelitian : penelitian kuantitatif. Pola penelitian : penelitian korelasi, penelitian eksploratif, penelitian deskriptif, penelitian lapangan. Populasi: siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung yang terdiri dari 217 siswa. Dengan teknik simple random sampling diperoleh sampel 84 siswa. Variabel bebas: kecerdasan emosional (X) dalam aspek kesadaran diri (X1) dan aspek pengaturan diri (X2). Variabel terikat : hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran PAI (Y). Sumber data: sampel siswa selaku responden dan guru pengampu mata pelajaran PAI serta buku rapor siswa. Teknik pengumpulan data: angket, observasi, interview, dokumentasi. Uji instrument penelitian: uji validitas, uji reliabilitas. Analisis data lapangan: uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji hipotesis melalui regresi sederhana dan regresi berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian : 1. Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara kecerdasan emosional dalam aspek kesadaran diri (X1) terhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran PAI (Y) di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung; 2. Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara kecerdasan emosional dalam aspek pengaturan diri (X2) terhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran PAI (Y) di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung; 3. Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara kecerdasan emosional (X) terhadap hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran PAI (Y) di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > IQ
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193216 PADMA DWI CAHYA
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:32
Last Modified: 23 Sep 2024 06:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53367

Actions (login required)

View Item View Item