PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GQGA (Giving Question and Getting Answer) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL, TULUNGAGUNG

LAILATUN NAFISAH, 126208201030 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GQGA (Giving Question and Getting Answer) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL, TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran GQGA (Giving Questions and Getting Answer) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Manusia pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol” ini ditulis oleh Lailatun Nafisah, NIM 126208201030, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Giving Questions and Getting Answer, Hasil Belajar, Keaktifan Belajar Penelitian ini disebabkan oleh rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA karena pembelajaran yang terlalu berpusat pada guru, mengakibatkan kurangnya latihan siswa dalam berpikir kritis dan mengeksplorasi lebih dalam suatu materi. Oleh karena itu, diperlukan sebuah pendekatan pembelajaran yang dapat mendorong siswa menjadi lebih aktif dan membangun pemahaman mereka sendiri, seperti model Giving Questions and Getting Answer. Pendekatan ini dikembangkan untuk melatih siswa dalam keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan, yang sangat efektif untuk mengajak siswa terlibat dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap keaktifan belajar IPA materi Sistem Ekskresi Manusia pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol.(2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap hasil belajar IPA materi Sistem Ekskresi Manusia pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA materi Sistem Ekskresi Manusia pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design. Populasi yang diteliti adalah siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumbergempol, dengan sampel terdiri dari 34 siswa dari kelas VIII-A dan 34 siswa dari kelas VIII-B yang dipilih menggunakan metode Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan tes, kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik Uji Independet Sampel t-Tes dan Uji MANOVA. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer berdampak signifikan terhadap keaktifan belajar IPA pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol, dengan nilai signifikasi 0.000 < 0.05. (2) penggunaan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer juga berdampak signifikan terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol, ditunjukkan oleh nilai signifikasi 0.003 < 0.05. (3) terdapat dampak signifikan penggunaan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol, dengan nilai signifikasi 0.000 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Fasilitas Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Kurikulum
Biologi > Manusia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208201030 LAILATUN NAFISAH
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:29
Last Modified: 23 Sep 2024 06:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53593

Actions (login required)

View Item View Item