DIYAH AMIN FADHILAH, 2814133046 (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X MAN WLINGI BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (431kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (730kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (749kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Learning Start With a Question (LSQ) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Trigonometri kelas X MAN Wlingi Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Diyah Amin Fadhilah, NIM 2814133046, pembimbing Ibu Hj. Umy Zahroh, Ph.D. Kata kunci: LSQ, trigonometri, hasil belajar. Siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran matematika, mayoritas cenderung diam dan pasif walaupun mereka kurang memahami materi. Kurangnya keaktifan dan motivasi untuk bisa membuat hasil belajar yang didapat siswapun kurang memuaskan. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif Learning Start With a Question (LSQ). Strategi LSQ merupakan strategi yang mengajak siswa untuk belajar secara aktif, terutama aktif dalam bertanya dan bertujuan agar siswa mampu berfikir kritis, mandiri, mempunyai keterampilan bertanya, membaca, dan menyampaikan pendapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif Learning Start With a Question (LSQ) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi trigonometri kelas X di MAN Wlingi Blitar tahun pelajaran 2016/2017 dan besar pengaruh strategi LSQ tersebut terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa pada kelas eksperimen dan 35 siswa pada kelas kontrol. Sedangkan populasi penelitian ini seluruh siswa MIA yang berjumlah 144 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan tes. Sedangkan teknis analisis data menggunakan uji–t dengan uji prasyaratnya adalah uji homogenitas dan uji normalitas. Varian antara kelas MIA 1 dan MIA 2 diperoleh dari nilai ulangan harian yang didapat dari guru mata pelajaran matematika pada materi sebelumnya. Untuk menentukan besarnya pengaruh peneliti menggunakan rumus Cohen’s. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data disimpulkan bahwa pada pengujian hipotesis menggunakan Independent samples t-test, data hasil tes diperoleh nilai t_hitung sebesar 3,69 dan nilai t_tabel sebesar 1,99 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan nilai t_hitung dan t_tabel dapat dilihat bahwa t_hitung=3,69>t_tabel=1,99 yang menunjukkan ada pengaruh strategi pembelajaran aktif Learning Start With a Question terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi trigonometri tahun pelajaran 2016/2017. Hasil ini terbukti dari rata-rata kelas eksperimen > rata-rata kelas kontrol yaitu 74,43>64,4. Sedangkan besarnya pengaruh adalah 0,89 yang menurut tabel interpretasi Cohen’s d berinterpretasi tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133046 DIYAH AMIN FADHILAH |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 04:15 |
Last Modified: | 10 Jul 2017 04:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5362 |
Actions (login required)
View Item |