NATUS AYU WINANDA, 126407203028 (2024) STRATEGI KOMUNIKASI MASSA DALAM MEWUJUDKAN EFISIENSI PENGELOLAAN DAN PELAYANAN HAJI (Studi Kasus pada Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (62kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (345kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Massa dalam Mewujudkan Efisiensi Pengelolaan dan Pelayanan Haji (Studi Kasus Pada Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung)”, ini ditulis oleh Natus Ayu Winanda, NIM. 126407203028, dengan pembimbing Dr. Binti Nur Asiyah, M.Si. Penelitian ini dilatar belakangi oleh terkendalanya komunikasi massa pada Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung, sehingga belum terwujudnya efisiensi pengelolaan dan pelayanan haji. Calon jemaah haji masih banyak yang terkendala dalam mencari informasi terkait haji, terutama calon jemaah yang berusia lanjut. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi dalam komunikasi massa haji pada Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung? 2)Bagaimana keterwujudkan efisiensi pengelolaan haji pada Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung? 3) Apa saja kendala dan solusi dalam strategi komunikasi massa dalam mewujudkan efisiensi dan pelayanan haji? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang menggambarkan keadaan sebenarnya yang terjadi di lapangan dengan teknik analisis data dan pengumpulan data dengan menggunakan wawancara. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah Kepala Seksi Haji dan calon jemaah haji. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung melalui wawancara yang dilakukan kepada 12 informan di Kementerian Agama Tulungagung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Strategi komunikasi massa haji pada Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung melalui media sosial dan sosialisasi. Media sosial yang digunakan yaitu Facebook, Instagram, Youtube, dan Website. Sosialisasi yang dilakukan secara langsung dengan memberikan pengarahan. 2) Efisiensi pada pengelolaan dan pelayanan di Kementerian Agama belum terwujud. Efisiensi yang harus diwujudkan berupa efisiensi waktu dan biaya calon jemaah haji. 3) Kendala strategi komunikasi massa belum mencapai tingkat efisien dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Seperti halnya calon jemaah haji yang berusia lanjut, masih kesulian mengakses informasi dimedia sosial. Dan calon jemaah haji mengeluh kurangnya konsistensi dalam penyampaian pesan dan konten sangat penting dalam strategi komunikasi massa. Sehingga solusi dari permasalahan ini yaitu dengan adanya upaya yang dapat dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung yaitu dengan adanya sosialisasi berdasarkan rentang usia dan wilayah tempat tinggal. Selain itu, solusi dari kurangnya konsistensi dalam bermedia sosial dapat dilakukan dengan cara membuat rencana konten yang terstruktur. Tentukan topik, jenis konten, jadwal posting, dan gaya komunikasi yang ingin disampaikan kepada calon jemaah ataupun jemaah yang mencari informasi tentang haji. Kata Kunci : Komunikasi Massa, Efisiensi, Pengelolaan, Pelayanan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Sosial Ekonomi Ekonomi > Strategi Pemasaran Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah |
Depositing User: | 126407203028 NATUS AYU WINANDA |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 01:36 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 01:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53922 |
Actions (login required)
View Item |