PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

MUHAMMAD SYAMSUL MA'ARIF, 2814133129 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (225kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB)

Abstract

Fenomena kurang maksimalnya proses kegiatan pembelajaran di sekolah khususnya dalam pembelajaran matematika menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi. Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang paling sulit sekolah. Ditambah lagi dengan penerapan kurikulum K13 yang baru pertama kali diterapkan di MTs Assyafi’iyah Gondang yang menuntut siswa untuk lebih aktif dan tidak terlalu bergantung pada guru. Hal tersebut membuat siswa kesulitan dalam belajar sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu pembaharuan dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) diharapkan dapat menjadi salah satu solusi yang bisa diterapkan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung; (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen kuasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, data guru, data siswa dan dokumen sekolah. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik t-test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung; (2) Besarnya pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang tahun pelajaran 2016/2017 sebesar 1,36 dan tergolong tinggi atau besar (large). Kata kunci: Missouri Mathematics Project (MMP), Hasil Belajar, Garis dan Sudut

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133129 MUHAMMAD SYAMSUL MA'ARIF
Date Deposited: 11 Jul 2017 07:17
Last Modified: 11 Jul 2017 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5393

Actions (login required)

View Item View Item