PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA IMTAQ DALAM MENANAMKAN KEIMANAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AL KHADIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG

SITI NURHASANAH, 12206193036 (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA IMTAQ DALAM MENANAMKAN KEIMANAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AL KHADIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (543kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)

Abstract

Siti Nurhasanah, NIM 12206193036. Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Sentra Imtaq dalam Menanamkan Keimanan Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Luluk „Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Sentra Imtaq, Menanamkan Keimanan Penelitian ini dilatarbelakangi dengan fenomena model pembelajaran sentra imtaq yang menarik anak untuk lebih fokus mempelajari materi keislaman serta berkaitan dengan semakin sulit menanamkan keimanan di era generasi milenial ini yang mana banyaknya anak-anak bahkan para remaja yang belum mampu melaksanakan kewajiban shalat secara disiplin, membaca Al-Qur‟an dan menghafal do‟a harian dengan baik. Saat ini anak-anak disibukkan dengan kecanggihan teknologi dan kegiatan lainnya. Sehingga peneliti menghubungkan proses penanaman keimanan dengan model pembelajaran sentra imtaq di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran sentra imtaq melalui pembiasaan shalat pada anak usia dini kelompok B di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran sentra imtaq melalui pengenalan BTQ pada anak usia dini kelompok B di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung? (3) Bagaimana penerapan model pembelajaran sentra imtaq melalui kegiatan menghafal do‟a-do‟a harian pada anak usia dini kelompok B di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran sentra imtaq untuk menanamkan keimanan anak melalui pembiasaan shalat, pengenalan BTQ, dan kegiatan menghafal do‟a-do‟a harian di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran sentra imtaq dengan berbagai macam metode yang diterapkan seperti metode pembiasaan, demonstrasi, keteladanan, dan pemberian tugas serta metode an nahdliyah dapat meningkatkan aspek perkembangan anak dalam hal menanamkan keimanan pada diri anak, hal tersebut terbukti dari meningkatnya capaian perkembangan anak dan keantusiasan anak-anak ketika mempelajari materi keislaman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193036 SITI NURHASANAH
Date Deposited: 27 Dec 2024 02:27
Last Modified: 27 Dec 2024 02:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55335

Actions (login required)

View Item View Item