HAFSARI FAUZUL KABIR, 12204193224 (2023) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TIPE HOTS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DI MTsN 6 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (144kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (117kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Tipe HOTS Ditinjau dari Tipe Kepribadian di MTsN 6 Blitar” ditulis oleh Hafsari Fauzul Kabir, NIM. 12204193224, pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci : Analisis Kesalahan, Teori Newman, Masalah Tipe HOTS, Tipe Kepribadian Kemampuan menyelesaikan masalah tipe HOTS adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh tiap peserta didik sebagai penerus bangsa agar dapat bersaing dengan bangsa lain di abad 21. Namun, dalam kenyataannya masih ditemui kesalahan dalam menyelesaikan masalah tipe HOTS. Oleh karena itu, diperlukan adanya analisis kesalahan sehingga dapat diketahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik beserta faktor penyebabnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kesalahan yang dilakukan peserta didik dengan tipe kepribadian ekstrovert dalam menyelesaikan masalah tipe HOTS, (2) mengetahui faktor penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik dengan tipe kepribadian ekstrovert dalam memecahkan masalah tipe HOTS, (3) mengetahui kesalahan yang dilakukan peserta didik dengan tipe kepribadian introvert dalam menyelesaikan masalah tipe HOTS, dan (4) mengetahui faktor penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik dengan tipe kepribadian ekstrovert dalam menyelesaikan masalah tipe HOTS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang peserta didik yang diambil dari kelas 8.5 MTsN 6 Blitar. Penentuan subjek penelitian adalah berdasarkan hasil tes angket tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan angket tipe kepribadian, tes masalah tipe HOTS materi SPLDV, dan wawancara. Proses analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan temuan, digunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dengan tipe kepribadian ekstrovert dalam menyelesaikan masalah tipe HOTS adalah kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan menarik kesimpulan, (2) faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dengan tipe kepribadian ekstrovert adalah peserta didik belum terbiasa dalam menyelesaikan masalah tipe HOTS, kurangnya motivasi, kurangnya konsentrasi, dan tingkat kepercayaan diri, (3) kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dengan tipe kepribadian introvert dalam menyelesaikan masalah tipe HOTS adalah kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan menarik kesimpulan, dan (4) faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dengan tipe kepribadian introvert adalah peserta didik belum terbiasa menyelesaikan masalah tipe HOTS, kurangnya motivasi, kurangnya konsentrasi, dan tingkat kepercayaan diri
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193224 HAFSARI FAUZUL KABIR |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 06:55 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 06:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55548 |
Actions (login required)
View Item |