BISRI MUSTOFA, 2811123006 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM MEMBENTUK SISWA YANG ULUL ALBAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (454kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (763kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (243kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (228kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (301kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (133kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (106kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Bisri Mustofa, NIM. 2811123006 dengan judul “Implementasi Pembelajaran Konstruktivistik dalam Membentuk Siswa Yang Ulul Albab di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung”, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen pembimbing Dr. Hj. Retno Indayati, M. Si. NIP. 19530329 198303 2 002. Kata Kunci: Pembelajaran Konstruktivistik, dan Ulul Albab Penelitian dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang tidak menjadikan peserta didik sebagai subjek dalam pembelajaran dan mengakibatkan peserta didik menjadi objek pembelajaran yang pasif (tidak maksimal dalam hal fikir). Selain itu, tidak sedikit lulusan sekolah yang berbasis Islam akan tetapi outputnya tidak mencerminkan sosok yang mempunyai jiwa spiritual ( tidak maksimal dalam hal dzikir). Bahkan, kenakalan remaja tetap menjadi isu hangat dalam dunia pendidikan pada setiap tahunnya (tidak maksimal dalam hal beramal shaleh). Fenomena ini merupakan salah satu indikasi bahwa dalam proses pembelajaran peserta didik belum diajak secara maksimal untuk mengeksplor pengetahuannya, hingga menjadikan peserta didik lemah dalam intelektual, spiritual dan moral. Slah satu treatment untuk mengatasi permasalan ini adalah dengan menggunakan pembelajaran yang aktif yaitu pembelajaran konstruktivistik. Ulul albab adalah orang yang memiliki ilmu yang luas, pandangan mata hati yang tajam, otak yang cerdas, hati yang lembut dan semangat serta jiwa pejuang (jihad di jalan Allah) dengan sebenar-benarnya perjuanagan. Dengan pembelajaran konstruktivistik ini diyakini mampu membentuk peserta didik yang Ulul Albab (Dzikir, Fikir, dan Amal Shaleh). Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran konstruktivistik dalam membentuk siswa yang yang ahli dzikir di MAN 2 Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan pembelajaran konstruktivistik dalam membentuk siswa yang yang ahli fikir di MAN 2 Tulungagung? (3) Bagaimana penerapan pembelajaran konstruktivistik dalam membentuk siswa yang ber-amal shaleh di MAN 2 Tulungagung?. Berdasarkan fokus penelitian tersebut, maka tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran konstruktivistik dalam membentuk siswa yang yang ahli dzikir di MAN 2 Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran konstruktivistik dalam membentuk siswa yang yang ahli fikir di MAN 2 Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran konstruktivistik dalam membentuk siswa yang ber-amal shaleh di MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Proses analisis data melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data melalui keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian Implementasi Pembelajaran Konstruktivistik dalam Membentuk Siswa yang Ulul Albab; (1) Penerapan pembelajaran konstruktivistik dalam membentuk siswa yang yang ahli dzikir yaitu dengan perenungan yang mendalam terhadap ayat-ayat al-Qur’an dan Hadits, Kegiatan-kegiatan keagamaan di Ma’had, Kegiatan Ekstra kurikuler keagamaan, dan pembiasaan melalui jama’ah Sholat Dhuhur, Dhuha, tadarus al-Qur’an, menghafal Asmaul Husna (2) Penerapan pembelajaran konstruktivistik dalam membentuk siswa yang yang ahli fikir yaitu dengan menerapkan Kurikulum 2013, menggunakan Model pembelajaran aktif, menggunakan Strategi pembelajaran aktif, dan menggunakan Metode pembelajaran aktif (3) Penerapan pembelajaran konstruktivistik dalam membentuk siswa yang ber-amal shaleh yaitu dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (tentang siswa yang memberikan jawaban kepada temannya disaat ujian), memaksimalkan Dzikir dan Fikir, pembiasaan berperilakubaik, dan Memotivasi melakukan kegiatan yang baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123006 BISRI MUSTOFA |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 03:34 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 03:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5555 |
Actions (login required)
View Item |