PENGARUH METODE ACCELERATED LEARNING BERBASIS MASALAH OPEN ENDED TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS NEGERI 7 TULUNGAGUNG PADA MATERI PLSV

TANIA ROSYDAH, 126204212096 (2025) PENGARUH METODE ACCELERATED LEARNING BERBASIS MASALAH OPEN ENDED TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS NEGERI 7 TULUNGAGUNG PADA MATERI PLSV. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (786kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (395kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Accelerated Learning Berbasis Masalah Open Ended Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada Materi PLSV” ini ditulis oleh Tania Rosydah, NIM. 126204212096, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: Accelerated Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Matematika, Masalah Open Ended Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang hanya cocok untuk beberapa cara belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari peserta didik yang masih membuat forum sendiri saat pembelajaran, sehingga berdampak kepada rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika yang menyebabkan aktivitas dan hasil belajar matematika yang tidak maksimal. Oleh karena itu, pendekatan alternatif seperti pembelajaran dengan metode Accelerated Learning berbasis masalah Open Ended dapat diterapkan untuk meningkatkan aktivitas siswa yang juga akan meningkatkan hasil belajar matematika . Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh metode Accelerated Learning berbasis masalah Open Ended terhadap aktivitas belajar matematika peserta didik kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada materi PLSV. 2) Untuk mengetahui pengaruh metode Accelerated Learning berbasis masalah Open Ended terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada materi PLSV. 3) Untuk mengetahui pengaruh metode Accelerated Learning berbasis masalah Open Ended terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII MTsN 7 Tulungagung pada materi PLSV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas VIII MTsN 7 Tulungagung. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sedangkan sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 siswa dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh metode Accelerated Learning berbasis masalah Open Ended terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas VIII MTs Negeri 7 Tulungagung pada materi PLSV dengan nilai sig. (2 tailed) =0.002≤0.05. 2) Ada pengaruh metode Accelerated Learning berbasis masalah Open Ended terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Negeri 7 Tulungagung pada materi PLSV dengan nilai sig. (2 tailed) =0.000≤0.05. 3) Ada pengaruh metode Accelerated Learning berbasis masalah Open Ended terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Negeri 7 Tulungagung pada materi PLSV dengan nilai sig. (2 tailed) =0.000≤0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204212096 TANIA ROSYDAH
Date Deposited: 11 Jun 2025 04:36
Last Modified: 11 Jun 2025 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58007

Actions (login required)

View Item View Item