IMPLEMENTASI MODEL PjBL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

SINTIA DWI NOPITASARI, 126205212126 (2025) IMPLEMENTASI MODEL PjBL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (860kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Model PjBL dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi dan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Sintia Dwi Nopitasari, NIM. 126205212126, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. NIP. 197605182007012021 Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, IPAS, Kemampuan Kolaborasi dan Berpikir Kritis Konteks penelitian ini terjadi adanya pembaruan kurikulum dan inovasi pembelajaran yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dengan menggeser fokus pembelajaran dari yang berpusat pada guru menjadi berpusat pada peserta didik. Bentuk dari implementasi Kurikulum Merdeka, guru MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo pada pelajaran IPAS menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Model ini mendorong peserta didik untuk berkolaborasi serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis secara mendalam. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan model PjBL dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi dan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (2) Bagaimana perancangan model PjBL dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi dan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (3) Bagaimana pelaksanaan model PjBL dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi dan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (4) Bagaimana pelaporan model PjBL dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi dan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung?. Penelitian dilakukan di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan dilakukan dengan menentukan topik/tema proyek, mendesain perencanaan proyek, dan menyusun jadwal. (2) Perancangan dilakukan dengan pengembangan langkah-langkah dari rencana yang telah ditentukan, melakukan pembagian kelompok diskusi, dan pemberian sketsa proyek agar peserta didik memahami proses yang akan dijalani dalam proyek. (3) Pelaksanaan model PjBL di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung meliputi pemberian pertanyaan pemantik pada kegiatan pendahuluan. Pada kegiatan inti yaitu pelaksanaan proyek, monitoring perkembangan tugas proyek, penyusunan laporan, serta penarikan kesimpulan. (4) Tahap pelaporan terdiri dari dua kegiatan utama, yaitu penilaian hasil proyek dan laporan serta evaluasi hasil proyek dan pembelajaran melalui refleksi, diskusi, pengamatan guru, dan evaluasi formatif serta sumatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212126 SINTIA DWI NOPITASARI
Date Deposited: 12 Jun 2025 04:48
Last Modified: 12 Jun 2025 04:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58056

Actions (login required)

View Item View Item