KOMPARASIKEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDHEADTOGETHER(NHT) DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARANAKIDAH AKHLAK KELAS III MI MUHAMMADIYAH PLUS GEMAHARJO WATULIMO TRENGGALEK

INDRI KHOIRULHIDAYATUNNIKMAH, 2817133075 (2017) KOMPARASIKEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDHEADTOGETHER(NHT) DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARANAKIDAH AKHLAK KELAS III MI MUHAMMADIYAH PLUS GEMAHARJO WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Perserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas III MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo, Watulimo, Trenggalek” ini ditulis oleh Indri Khoirul Hidayatun Nikmah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. Mohammad Jazeri, M.Pd. Kata Kunci: Numbered Head Together (NHT), Ekspositori, hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada peserta didik mengenai metode pembelajaran yang digunakan disekolah tersebut masih menggunkan ekspositori, yang menjadikan peserta didik kurang aktif, interaksi peserta didik dengan pendidik sangat kurang dan hasil belajar yang kurang memuaskan dan maksimal. Dalam hal ini peneliti ingin meneliti masalah model pembelajaran dan hasil belajar pada materi Akhlak Terpuji Terhadap Saudara di MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo, Watulimo, Trenggalek Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo, Watulimo, Trenggalek, (2) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Ekspositori terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo, Watulimo, Trenggalek, (3) Apakah ada perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dan Espositori terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo, Watulimo, Trenggalek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada atau tidak pengaruh yang positif signifikan dari model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo, Watulimo, Trenggalek, (2) Ada atau tidak pengaruh yang positif signifikan dari model pembelajaran Ekspositori terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo, Watulimo, Trenggalek, (3) Untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Numbered Head Together dan Ekspositori terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo, Watulimo, Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo, Watulimo, Trenggalek. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas III-A dan kelas III-B, dimana kelas III-A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 peserta didik dan kelas III-B sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 17 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan model quasi eksperimental design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah hasil tes dan dokumentasi. Data hasil tes peserta didik diperoleh melalui tes yang digunakan untuk menguji hipotesis. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Ada pengaruh yang positif signifikan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III-B dengan nilai thitung> ttabel atau 3,395 > 2,030 pada taraf positif signifikan 5%, (2) Ada pengaruh yang positif signifikan pada penggunaan metode pembelajaran ekpositori terhadap hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III-A dengan nilai thitung> ttabel atau 3,395 > 2,030 pada taraf positif signifikan 5%, (3) Tedapat berbedaan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak pada penggunaan model kooperatif tipe Numbered Head Together dan model ekspositori peserta didik kelas III MI Muhammadiyah Plus Gemaharjo. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata post test kedua kelas tersebut diketahui besarnya rata-rata kelas eksperimen sebesar 93,82 dengan Standart Deviation sebesar 4,517, sedangkan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 88.00 dengan Standart Deviation sebesar 5.712.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133075 INDRI KHOIRULHIDAYATUNNIKMAH
Date Deposited: 28 Aug 2017 03:37
Last Modified: 28 Aug 2017 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5809

Actions (login required)

View Item View Item