PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORY TERHADAP KERJASAMA DALAM BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SKI PESERTA DIDIK MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

MIFTAKHUN KHOIRUL AFFINDA, 2817133107 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORY TERHADAP KERJASAMA DALAM BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SKI PESERTA DIDIK MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Ekspository Terhadap Kerjasama dalam Belajar dan Prestasi Belajar SKI Peserta Didik MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung”, ini ditulis oleh Miftakhun Khoirul Affinda, NIM. 2817133107. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakulitas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I, NIP. 1969 1206 1999 031003 Kata Kunci: Ekspository, Kerjasama dalam Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pemblajaran ekspository terhadap kerjasama dalam belajar dan prestasi belajar peserta didik. Bahwa kenyataanya model pembelajaran ekspository sama sekali tidak mempengaruhi kerjasama dalam belajar dan prestasi belajar, karena model pembelajaran ekspoitory terhadap kerjasama dalam belajar dan prestasi belajar pembelajaran SKI pada katagori rendah karena metode hanya menerapkan ceramah,demostrasi,Tanya jawab dan penugasan tidak efektif dalam peningkatan kerjasama dalam belajar dan prestasi belajar.Sebaiknya guru tidak hanya menggunakan mtode-metode pembelajaran yang konvensional secra monoton seperti ceramah,demonstrasi karena itu membuat peserta didik jenuh dan akan berakibat pada rendahnya tingkat prestasi belajar dan kerjasama dalam belajar.suasana yang harus dibangun di dalam kelas adalah suasana yang menyenagkan yang membuat peserta didik merasa nyaman selama proses pemblajaran. Rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh model pembelajaran ekspository mata pelajaran SKI terhadap kerjasama siswa dalam belajar di MI Darussalam Ngentrong Campudarat Tulungagung? (2) Adakah penggaruh model pembelajaran ekspository mata pelajaran SKI terhadap prestasi belajar siswa di MI Darussalam Ngentrong Campudarat Tulungagung? (3) Adakah penggaruh secara bersama-sama model pembelajaran ekspository mata pelajaran SKI terhadap kerjasama siswa dalam belajar dan prestasi belajar siswa di MI Darussalam Ngentrong Campudarat Tulungagung ? Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ekspository mata pelajaran SKI terhadap kerjasama siswa dalam belajar di MI Darussalam Ngentrong Campudarat Tulungagung. (2) Untuk mengetahui penggaruh model pembelajaran ekspository mata pelajaran SKI terhadap prestasi belajar siswa di MI Darussalam Ngentrong Campudarat Tulungagung (3) Untuk mengetahui pnggaruh secara bersama-sama model pembelajaran ekspository mata pelajaran SKI terhadap kerjasama siswa dalam belajar dan prestasi belajar siswa di MI Darussalam Ngentrong Campudarat Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi kelas IV-A dan IV-B MI Darussalam Ngntrong Campurdarat Tulungagung, yang terdiri dari 42 siswa. Dengan teknik Nonprobability Sampling jenis Sampling jenuh, Sampling jenuh adalah teknik penentuan bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yang terdiri dari 42 siswa. Variabel bebas:Ekspository. Variabel terikat:Kerjasama dalam belajar dan prestasi belajar. Sumber data: Responden dan Dokumen. Teknik pengumpulan data: angket. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas dan manova dengan bantuan SPSS for Windows 18.0. Hasil penelitian: (1) Tidak ada pengaruh signifikan antara model pmblajaran ekspository terhadap kerjaama dalam belajar. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,075 lebih dari 0,05. (2) Tidak ada pengaruh signifikan antara model pembelajaran ekspository terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,488 lebih dari 0,05. (3) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara model pmblajaran ekspository terhadap kerjaama dalam belajar nilai signifikansi 0,075 dan prestasi belajar nilai signifikansi 0,488 karena keduanya lebih dari 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133107 MIFTAKHUN KHOIRUL AFFINDA
Date Deposited: 21 Aug 2017 06:12
Last Modified: 21 Aug 2017 06:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5818

Actions (login required)

View Item View Item