UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL

IRNA FIRDAUSIL MA'WA, 126209212072 (2025) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (924kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (351kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi. “Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Sumbergempol” ini di tulis Irna Firdausil Ma’wa, NIM 126209212072, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Nur Isroatul Khusna, M.Pd, NIP. 19870326019032018 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VIII. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan agar siswa dapat menganalisis, mengevaluasi, dan memecahkan masalah secara sistematis. Namun, saat pembelajaran banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan keterampilan ini, yang dapat disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang interaktif dan kurangnya penerapan strategi pengajaran yang efektif. Tujuan pada penelitian skripsi ini yaitu:1) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru IPS meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata Pelajaran IPS siswa kelas VIII di SMPN 1 Sumbergempol. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata Pelajaran IPS siswa kelas VIII di SMPN 1 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang di peroleh dalam penelitian ini yaitu wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru IPS kelas VIII dan siswa kelas VIII. Data di peroleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik, waktu. Selanjutnya data di analisis dengan kondensasi data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Upaya guru dalam meningkakan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di SMPN I Sumbergempol yaitu (a.) perencanaan pembelajaran melalui menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran untuk menentukan tujuan, pemilihan media pembelajaran dan pemilihan metode pembelajaran. (b.) pelaksanaan pembelajaran, dalam pelaksanaan siswa mampu berpikir kritis dalam mengidentifikasi masalah, petukaran informasi serta umpan balik dan refleksi, guru membangun keaktifan siswa pembelajaran mengembangkan kemampuan berpikir kritis melalui metode diskusi (c.) evaluasi pembelajaran dilakukan dengan tes lisan dan tes tulis, pada evaluasi tersebut memberikan dampak terhadap meningkatkan kemampuan berpikir kritis. 2) Faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi oleh guru IPS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Faktor pendukungnya yaitu kompetensi guru dan program sekoah. Adapun faktor penghambatnya yaitu siswa dan sarana prasarana. Kata Kunci: Upaya Guru, Berpikir Kritis Siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209212072 IRNA FIRDAUSIL MA'WA
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:20
Last Modified: 25 Jun 2025 07:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58400

Actions (login required)

View Item View Item