PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN, PROMOSI, DAN KEMUDAHAN PEMBUKAAN REKENING EASY WADIAH ONLINE TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Program Studi Perbankan Syariah Angkatan 2021-2024)

AMANDA PURWATIKA METARINA, 126401213143 (2025) PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN, PROMOSI, DAN KEMUDAHAN PEMBUKAAN REKENING EASY WADIAH ONLINE TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Program Studi Perbankan Syariah Angkatan 2021-2024). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (783kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Tingkat Pemahaman, Promosi, dan Kemudahan Pembukaan Rekening Easy Wadiah Online Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Program Studi Perbankan Syariah Angkatan 2021-2024” ini ditulis oleh Amanda Purwatika Metarina NIM. 126401213143, Pembimbing Dianita Meirini S. A, M.Si. Kata kunci: Tingkat Pemahaman, Promosi, Kemudahan, Minat Menabung, Bank Syariah Indonesia Penelitian ini menganalisis seberapa pengaruh tingkat pemahaman, promosi, dan kemudahan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia. Tingkat pemahaman khusunya terhadap produk tabungan easy wadiah online berperan penting dalam menentukan keputusan calon nasabah menggunakan layanan perbankan syariah. Promosi yang efektif, baik melalui media digital maupun iklan dianggap dapat meningkatkan kesadaran dan ketertarikan terhadap produk perbankan syariah. Dalam era digital, kemudahan akses dan proses yang sederhana menjadi faktor penting dalam menarik minat menabung di bank syariah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah tingkat pemhaman, promosi, dan kemudahan baik secara parsial maupun simultan dapat mempengaruhi minat menabung di Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pemahaman, promosi, dan kemudahan pembukaan rekening produk tabungan easy wadiah online terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yang diperoleh 222 responden sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuesioner, sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda yang diolah dengan program SPSS 26. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Tingkat Pemahaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia. 2) Promosi berpengaruh tidak signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia. 3) Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia. 4) Secara simultan, tingkat pemahaman, promosi, dan kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Nasabah
Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > Tabungan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 126401213143 AMANDA PURWATIKA METARINA
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:14
Last Modified: 03 Jul 2025 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58916

Actions (login required)

View Item View Item