MANAJEMEN PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT PELANGGAN (Studi Multisitus di SMKN 2 Boyolangu dan SMKN 3 Boyolangu)

TRI LESTARI, 1880501220023 (2025) MANAJEMEN PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT PELANGGAN (Studi Multisitus di SMKN 2 Boyolangu dan SMKN 3 Boyolangu). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (781kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis dengan judul judul “Manajemen Pemasaran Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Minat Pelanggan (Studi Multisitus Di SMKN 2 dan SMKN 3 Boyolangu)” yang disusun oleh Tri Lestari, NIM. 1880501220023, Pembimbing oleh Prof. Dr. Imam Fuadi, M.Ag., dan Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Pemasaran, Media Sosial, Minat Pelanggan Tesis ini dilatar belakangi oleh adanya pesaingan antara lembaga pendidikan, yang memerlukan strategi khusus untuk memenangkan persaingan tersebut. Lembaga yang mampu bertahan dan mampu memenangkan persaingan adalah lembaga yang memiliki reputasi, variasi pilihan dan prospek lulusan yang baik dalam mewujudkan minat pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk memahami strategi segmenting pasar, targeting pasar, dan menemukan strategi positioning lembaga berbasis media sosial dalam meningkatkan minat pelanggan di Sekolah Menengah Jurusan Negeri 2 Boyolangu Dan Sekolah Menengah Jurusan Negeri 3 Boyolangu di Kota Tulungagung. Fokus Penelitian dalam penulisan Tesis ini adalah: (1) Bagaimana segmenting pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat pelanggan melalui media sosial pada lembaga pendidikan di SMKN 2 dan SMKN 3 Boyolangu? (2) Bagaimana targeting pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat pelanggan melalui media sosial pada lembaga pendidikan di SMKN 2 dan SMKN 3 Boyolangu? (3) Bagaimana positioning pemasaran jasa pendidikan dalam pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat pelanggan melalui media sosial pada lembaga pendidikan di SMKN 2 dan SMKN 3 Boyolangu? Dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskripstif dan studi multisitus. Peneliti hadir di lokasi SMKN 2 dan SMKN 3 Boyolangu dan mengumpulkan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti menganalisis data dengan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan atau verifikasi data. Untuk pengecekan keabsahan data dengan teknik uji kredibilitas yaitu triangulasi metode dan sumber, memperpanjang pengamatan, dan ketekukan atau keajaegan pengamatan. Hasil penelitian 1) strategi segmentasi yang ada pada kedua lembaga tersebut secara tidak langsung telah melakukan proses klasifikasi segmen pasar lembaga dengan berbagai media sosial, namun tanpa didahului riset yang tersistem; 2) kedua lembaga tersebut juga telah melakukan identifikasi target pasar, mendata dan mengantisipasi pesaing, memperhatiakan permintaan pasar, namun perlu diinfentarusir secara terlulis agar lebih mudah melakukan pendekatan lebih lanjut; 3) strategi positioning kedua lembaga dilakukan dengan identifikasi keunggulan lembaga dan memposisikan dirinya dengan beberapa karakteristik seperti menawarkan pembelajaran, jalur penerimaan peserta didik baru melalui jalur raport, prestasi, zonasi, dan pemasaran melalui media sosial.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220023 TRI LESTARI
Date Deposited: 10 Jul 2025 01:49
Last Modified: 10 Jul 2025 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59213

Actions (login required)

View Item View Item