PENGARUH PENGETAHUAN MASYARAKAT, TINGKAT PENDAPATAN, DAN LOKASI PERUSAHAAN TERHADAP MINAT GENERASI Z MENABUNG DI BANK SYARIAH NGANJUK

SITI NAFIATUS SHOLIKAH, 126401213132 (2025) PENGARUH PENGETAHUAN MASYARAKAT, TINGKAT PENDAPATAN, DAN LOKASI PERUSAHAAN TERHADAP MINAT GENERASI Z MENABUNG DI BANK SYARIAH NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengetahuan Masyarakat, Tingkat Pendapatan, dan Lokasi Perusahaan terhadap Minat Generasi Z Menabung di Bank Syariah Nganjuk” yang ditulis oleh Siti Nafiatus Sholikah, NIM. 126401213132, dengan pembimbing Prof. Dr. Dede Nurohman, M.Ag. Kata Kunci: Pengetahuan, Pendapatan, Lokasi Perusahaan, dan Minat Menabung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perbankan syariah di Indonesia yang terus mengalami perkembangan, namun minat menabung di kalangan generasi Z, terutama di Kabupaten Nganjuk, masih tergolong rendah. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya pemahaman tentang sistem bank syariah, lokasi bank yang kurang strategis, serta perbedaan tingkat pendapatan. Padahal, generasi Z memiliki potensi besar sebagai nasabah jika diberikan edukasi yang tepat dan pendekatan melalui digital yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh signifikan pengetahuan masyarakat terhadap minat generasi Z menabung di bank syariah; (2) Pengaruh signifikan tingkat pendapatan terhadap minat generasi Z menabung di bank syariah; (3) Pengaruh signifikan lokasi perusahaan terhadap minat generasi Z menabung di bank syariah; (4) Pengaruh secara simultan antara pengetahuan masyarakat, tingkat pendapatan, dan lokasi perusahaan terhadap minat generasi Z menabung di bank syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data yang digunakan merupakan data primer berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z yang bertempat di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur. Teknik sampling yang digunakan Non Probability Sampling dengan jenis Accidental Sampling, sehingga diperoleh 100 sampel. Metode analisis yang digunakan, yaitu analisis regresi linier berganda yang bertujuan untuk menghitung seberapa besar pengaruh dua atau lebih variabel independen terhadap satu variabel dependen, lalu diuji menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Variabel pengetahuan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat generasi Z menabung di bank syariah Nganjuk. (2) Variabel pendapatan memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap minat generasi Z menabung di bank syariah Nganjuk. (3) Variabel lokasi perusahaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat generasi Z menabung di bank syariah Nganjuk. (4) Secara bersama-sama variabel pengetahuan, pendapatan, dan lokasi perusahaan berpengaruh signifikan terhadap minat generasi Z menabung di bank syariah Nganjuk.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 126401213132 SITI NAFIATUS SHOLIKAH
Date Deposited: 14 Jul 2025 06:52
Last Modified: 14 Jul 2025 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59428

Actions (login required)

View Item View Item