PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN TIKTOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK DI MTSN 4 TULUNGAGUNG

NAWALUL HIKMIAH, 126201213290 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN TIKTOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK DI MTSN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (610kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube dan Tiktok Terhadap Prestasi Belajar Fiqih Peserta Didik di MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Nawalul Hikmiah, NIM 126201213290, dengan Pembimbing Prof. Dr. H. Nur Kholis, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: YouTube, TikTok, dan Prestasi Belajar Fiqih Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan pesat media sosial yang berpengaruh pada penggunanya khususnya media sosial YouTube dan TikTok. Media sosial YouTube dan TikTok adalah media sosial yang kini banyak diminati semua kalangan termasuk pelajar. Motif seseorang menggunakan media sosial YouTube dan TikTok tidak hanya untuk hiburan tetapi banyak motif lain seperti menambah informasi, wawasan, dan motif positif lainnya. Namun disisi lain penggunaan media sosial ini dapat berdampak negatif jika penggunanya tidak menggunakan media sosial dengan bijak dan berlebihan. Dampak negatif tersebut seperti lupa waktu, kurangnya waktu tidur, timbulnya rasa malas, mengakibatkan turunya prestasi belajar. Untuk itu hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti tema ini yaitu sejauh mana penggunaan media sosial YouTube dan TikTok berpengaruh pada prestasi belajar peserta didik. Rumusan masalah yang diteliti (1) Apakah penggunaan media sosial YouTube berpengaruh terhadap prestasi belajar fiqih peserta didik di MTsN 4 Tulungagung?, (2) Apakah penggunaan media sosial TikTok berpengaruh terhadap prestasi belajar fiqih peserta didik di MTsN 4 Tulungagung?, (3) Apakah penggunaan media sosial YouTube dan TikTok Berpengaruh terhadap prestasi belajar fiqih peserta didik di MTsN 4 Tulungagung?. Penelitain ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasinya ialah seluruh siswa kelas VII B di MTsN 4 Tulungagung yang berjumlah 32 peserta didik. Adapun sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B di MTsN 4 Tulungagung yang berjumlah 32 peserta didik. Penentuan sampel ini menggunakan teknik sampling jenuh atau total sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, dan dokumentasi dengan teknik pengolahan data mengunakan uji validasi, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji multikolinieritas, uji regresi berganda seperti uji T (parsial) dan Uji F (simultan) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media sosial YouTube terhadap prestasi belajar fiqih peserta didik di MTsN 4 Tulungagung dengan nilai sig. 0,002. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media sosial TikTok terhadap prestasi belajar fiqih peserta didik di MTsN 4 Tulungagung dengan nilai sig. 0,014. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media sosial YouTube dan TikTok terhadap prestasi belajar fiqih peserta didik di MTsN 4 Tulungagung dengan nilai sig. 0,002.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Media Sosial
Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201213290 NAWALUL HIKMIAH
Date Deposited: 23 Jul 2025 01:41
Last Modified: 23 Jul 2025 01:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59881

Actions (login required)

View Item View Item