EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF CONTROL DALAM MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF PADA SISWA KELAS XI MAN 2 KEDIRI

DEVITA NUZULIA MUSTOFA, 126306211011 (2025) EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF CONTROL DALAM MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF PADA SISWA KELAS XI MAN 2 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (392kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text
BAB V PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Skripsi dengan judul ”Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Self Control dalam Mereduksi Perilaku Agresif Siswa Kelas XI MAN 2 Kediri”, ditulis oleh Devita Nuzulia Mustofa, NIM. 126306211011, dengan dosen pembimbing Firstalenda Susgaleni, M.Pd. Kata kunci: Konseling Behavioral, self control, dan Perilaku Agresif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya perilaku agresif pada sebagian siswa kelas XI MAN 2 Kediri. Perilaku agresif tersebut terwujud dalam bentuk agresi secara verbal dan nonverbal. Situasi ini tidak hanya mengganggu proses belajar mengajar, tetapi juga berdampak pada hubungan sosial antar siswa, khususnya di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas konseling behavioral dengan teknik self control dalam mereduksi perilaku agresif pada siswa kelas XI MAN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen dengan struktur quasi experiment, menggunakan desain nonequivalent pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan jumlah total 6 siswa, terdiri dari 3 siswa kelas XI-H sebagai kelas eksperimen dan 3 siswa kelas XI-D sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26 for windows. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan paired sample t-test pada kelompok eksperimen, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,008 > 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest setelah diberikan perlakuan. Selanjutnya, uji independent sample t-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,005> 0,05. Temuan ini mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, sehingga hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Efektivitas perlakuan juga dianalisis menggunakan Uji N-Gain Score, kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 192,65. Berdasarkan kriteria interpretasi, nilai tersebut masuk dalam kategori efektif (>76%).

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306211011 DEVITA NUZULIA MUSTOFA
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:08
Last Modified: 24 Jul 2025 02:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59968

Actions (login required)

View Item View Item