DEVITA NUZULIA MUSTOFA, 126306211011 (2025) EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF CONTROL DALAM MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF PADA SISWA KELAS XI MAN 2 KEDIRI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
![]() |
Text
BAB V PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul ”Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Self Control dalam Mereduksi Perilaku Agresif Siswa Kelas XI MAN 2 Kediri”, ditulis oleh Devita Nuzulia Mustofa, NIM. 126306211011, dengan dosen pembimbing Firstalenda Susgaleni, M.Pd. Kata kunci: Konseling Behavioral, self control, dan Perilaku Agresif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya perilaku agresif pada sebagian siswa kelas XI MAN 2 Kediri. Perilaku agresif tersebut terwujud dalam bentuk agresi secara verbal dan nonverbal. Situasi ini tidak hanya mengganggu proses belajar mengajar, tetapi juga berdampak pada hubungan sosial antar siswa, khususnya di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas konseling behavioral dengan teknik self control dalam mereduksi perilaku agresif pada siswa kelas XI MAN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen dengan struktur quasi experiment, menggunakan desain nonequivalent pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan jumlah total 6 siswa, terdiri dari 3 siswa kelas XI-H sebagai kelas eksperimen dan 3 siswa kelas XI-D sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26 for windows. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan paired sample t-test pada kelompok eksperimen, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,008 > 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest setelah diberikan perlakuan. Selanjutnya, uji independent sample t-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,005> 0,05. Temuan ini mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, sehingga hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Efektivitas perlakuan juga dianalisis menggunakan Uji N-Gain Score, kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 192,65. Berdasarkan kriteria interpretasi, nilai tersebut masuk dalam kategori efektif (>76%).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 126306211011 DEVITA NUZULIA MUSTOFA |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:08 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59968 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |