PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI MI PERGURUAN MU’ALLIMAT CUKIR JOMBANG

MAILA FATIHA, 126205211042 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI MI PERGURUAN MU’ALLIMAT CUKIR JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (861kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (499kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di MI Perguruan Mu’allimat Cukir jombang” ditulis oleh Maila Fatiha, NIM 126205211042, Pembimbing oleh Hafidz Rsyidiana, M.Pd. Kata kunci : Model pembelajaran, Flipped Clasroom, Motivasi belajar, Hasil Belajar Penelitian ini didorong oleh beberapa faktor, termasuk kemajuan teknologi dan perubahan dalam paradigma pendidikan yang sebelumnya didominasi oleh guru. Ada juga masalah terkait minimnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran Untuk mengatasi hal ini, peneliti menerapkan model pembelajaran flipped classroom dalam mata pelajaran IPAS. Dengan demikian, pembelajaran menjadi lebih menarik, yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam IPAS. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap motivasi belajar IPAS siswa kelas V di MI Perguruan Muallimat Cukir Jombang. (2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di MI Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang (3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS siswa kelas V di MI Perguruan Mu’allimat Cukir. Terdapat beberapa tujuan yang diambil secara garis besar yakni diharapkan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS siswa di MI perguruan Muallimat Cukir Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment desain nonequivalent control group design. Sampel terdiri dari siswa kelas V B sebagai kelas kontrol dan V A sebagai kelas eksperimen, masingmasing berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data mencakup uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap motivasi belajar IPAS siswa kelas V di MI Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang, dengan taraf signifikansi 0,000 .(2) ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di MI Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang,, dengan taraf signifikansi 0,000 (3) ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS kelas V di MI Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang dengan taraf signifikansi 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211042 MAILA FATIHA
Date Deposited: 28 Jul 2025 01:23
Last Modified: 28 Jul 2025 01:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60069

Actions (login required)

View Item View Item