PENGARUH KEBUTUHAN INFORMASI BOYGROUP SEVENTEEN TERHADAP PERILAKU PENCARIAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL X PADA KOMUNITAS PENGGEMAR K-POP CARAT KEDIRI

NAUFA ALIFIAN ZULFAA, 126310211020 (2025) PENGARUH KEBUTUHAN INFORMASI BOYGROUP SEVENTEEN TERHADAP PERILAKU PENCARIAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL X PADA KOMUNITAS PENGGEMAR K-POP CARAT KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat dapat menggunakan media online sebagai tempat pencarian informasi. Media sosial X menjadi salah satu platform yang dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan informasi sekaligus pencarian informasi bagi penggemar K-Pop. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh antara kebutuhan informasi terhadap perilaku pencarian informasi. Penggunaan metode dalam penelitian ini ialah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 148 responden. Pengujian dalam analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh antara kebutuhan informasi terhadap perilaku pencarian informasi dengan persentasenya sebesar 31,8%. Persentase pengaruh tergolong lemah karena berada pada rentang 19-33%, namun kebutuhan informasi terbukti memotivasi anggota komunitas Carat Kediri untuk melakukan aktivitas pencarian informasi dengan kecenderungan memulai pencarian dan menyimpan informasi yang relevan melalui media sosial X. Saran penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel atau menggunakan subjek penelitian dengan populasi yang lebih besar. Kata Kunci: kebutuhan informasi; media sosial X; perilaku pencarian informasi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310211020 NAUFA ALIFIAN ZULFAA
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:31
Last Modified: 04 Aug 2025 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60153

Actions (login required)

View Item View Item