PENGARUH METODE DRILL AND PRACTICE TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PADA MATERI KONSEP MOL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI SMK DAYA UTAMA KOTA BEKASI

SYIFA PUTERI NURHALIZA, 126212202037 (2024) PENGARUH METODE DRILL AND PRACTICE TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PADA MATERI KONSEP MOL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI SMK DAYA UTAMA KOTA BEKASI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (609kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Drill and Practice Terhadap Kemampuan Numerasi pada Materi Konsep Mol Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di SMK Daya Utama Kota Bekasi” ditulis oleh Syifa Puteri Nurhaliza, NIM 126212202037, pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci: Metode Drill and Practice, Kemampuan Numerasi, Konsep Mol, Gaya Belajar. Pada PISA 2024 kurikulum merdeka diinisiasi dapat dijadikan wadah untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi. Kemampuan numerasi tidak digunakan pada pelajaran matematika saja, melainkan dapat diterapkan pada mata pelajaran yang lainnya seperti kimia pada materi konsep mol. Materi ini masih dianggap sukar oleh siswa karena diperlukan kemampuan analisis terahadap soal, jika kesukaran ini tidak segera diatasi, maka dapat berimbas pada kualitas hasil assessment kompetensi minimum (AKM) siswa. Untuk menjawab permasalahan tersebut diperlukan suatu metode pembelajaran yang tepat yang. Dalam pemilihan metode guru harus memperhatikan faktor- faktor yang dapat mempengaruhi, salah satunya faktor gaya belajar yang digunakan oleh siswa. Terkait dengan permasalahan yang dipaparkan, untuk menjawab permasalahan tersebut dipilih metode pembelajaran drill and practice. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mengetahui apakah ada pengaruh metode drill and practice terhadap kemampuan numerasi siswa. 2) Mengetahui bagaimana kemampuan numerasi ditinjau gaya belajar yang berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Farmasi SMK Daya Utama Bekasi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI Farmasi A sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI Farmasi B sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar tes untuk mengukur kemampuan numerasi dan tes gaya belajar siswa melalui hasil uji pada aplikasi akupintar.co.id.. Teknik analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode drill and practice terhadap kemampuan numerasi siswa. Berdasarkan perhitungan uji mann whitney postest kemampuan numerasi diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,001<0,05, sehingga Ho ditolak, ada perbedaan secara signifikan. 2) Terdapat perbedaan kemampuan numerasi dengan masing-masing gaya belajar siswa yang berbeda, dengan diketahui nilai rata-rata postest kermampuan numerasi gaya belajar visual-kinestetik sebesar 87,75; visual-auditori kinestetik sebesar 86,25; auditori-kinestetik sebesar 85,45; kinestetik sebesar 85,00; auditori-visual sebesar 83,33; dan visual sebesar 80,71.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202037 SYIFA PUTERI NURHALIZA
Date Deposited: 31 Jul 2025 01:26
Last Modified: 31 Jul 2025 01:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60218

Actions (login required)

View Item View Item