FITRIA SALMAA ROSYIDAH, 126308202137 (2025) PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA ANGGOTA OSIS SMP DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Prokrastinasi Akademik adalah bentuk kecenderungan dari seseorang dalam menunda suatu pekerjaan maupun tugas yang berkaitan dengan kepentingan akademik. Hal tersebut dapat terjadi akibat buruknya kemampuan pengelolaan waktu, sulitnya berkonsentrasi diri, kepercayaan irasional tentang kegagalan, serta kebosanan terhadap tugas. Apabila prokrastinasi akademik tidak diatasi dengan baik maka bisa menyebabkan berbagai masalah kepada siswa, sehingga perlu dicarikan solusinya. Regulasi diri ialah salah satu kemampuan yang bisa berperan untuk mengatur atau mengelola kebiasaan menunda suatu tugas atau yang disebut juga dengan prokrastinasi akademik. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah regulasi diri memiliki pengaruh pada prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh siswa OSIS SMP di Tulungagung, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Jumlah populasi untuk penelitian ini tidak dapat diketahui, tapi takut samping yang dipakai ialah purposive sampling dengan total sampai sebanyak 112 sampel. Skala pengukuran yang digunakan pada penelitian ini adalah pengukuran skala likert. Hasil dari penelitian ini akan membuktikan bahwa regulasi diri berpengaruh pada prokrastinasi akademik yang dibutuhkan dari nilai R Square sebanyak 67% serta nilai r yang sebesar 0,820. Penelitian ini memakai dua alat ukur yaitu skala regulasi diri dengan jumlah 28 aitem dan prokrastinasi akademik yang berjumlah 31 item. Kemudian, pengaruh regulasi diri dalam prokrastinasi akademik diuji dengan hipotesis analisis sederhana, yaitu saat nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh dari regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik. Sehingga, pada intinya hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik siswa SMP OSIS di Tulungagung. Kata Kunci: Regulasi Diri, Prokrastinasi Akademik, OSIS
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi > Psikologi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 126308202137 FITRIA SALMAA ROSYIDAH |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 03:20 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 03:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60262 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |