NUR LAILATUL JANNAH, 126405213211 (2025) STRATEGI MARKETING MIX 7P UNTUK PENINGKATAN OMZET PENJUALAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) KERAJINAN KREASI TAS ANYAMAN DODIK ALFI BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (727kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Marketing Mix 7P untuk Peningkatan Omzet Penjualan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kerajinan Kreasi Tas Anyaman Dodik Alfi Blitar” ini ditulis oleh Nur Lailatul Jannah, NIM 126405213211, dibawah bimbingan Siswahyudianto, M.M. Kata Kunci : Strategi Marketing Mix, Omzet Penjualan, Kerajinan Tas Anyaman Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penurunan penjualan dan penurunan produktivitas akibat Pandemi Covid-19, khususnya bagi UKM kerajinan kreasi tas anyaman Dodik Alfi Blitar. UKM ini mengalami penurunan penjualan cukup signifikan pada tahun 2021. Sehingga dibutuhkan strategi khusus untuk mengembalikan tingkat penjualan. Berdasarkan teori marketing mix, strategi yang bisa dilakukan adalah dengan strategi 7P, yaitu product, price, place, promotion, process, people, dan physical evidence. Riset ini menganalisis strategi yang dilakukan UKM Dodik Alfi Blitar untuk melihat strategi pemasarannya. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih keilmuan tentang strategi marketing mix 7P melalui indikator product, price, place, promotion, process, people, dan physical evidence untuk peningkatan omzet penjualan UKM Kerajinan Kreasi Tas Anyaman Dodik Alfi Blitar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data diperoleh dari wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan langsung di lokasi UKM Kerajinan Kreasi Tas Anyaman Dodik Alfi Blitar untuk memperoleh gambaran konkret mengenai implementasi strategi marketing mix 7P untuk peningkatan omzet penjualan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa UKM Dodik Alfi Blitar berhasil meningkatkan omzet penjualannnya dengan menggunakan strategi marketing mix berupa inovasi produk dan variasi produk, penyesuaian harga dengan memberikan promo dan diskon menarik, desain tempat yang nyaman, bersih dan mudah diakses, serta promosi menggunakan media sosial, penggunaan iklan berbayar, kerjasama dengan influencer dan ikut aktif dalam kegiatan pameran untuk menarik minat konsumen, merekrut karyawan yang ahli melalui kegiatan pemberdayaan, dan memberikan pelayanan yang terbaik. Berdasarkan studi yang dilakukan, strategi yang diterapkan UKM Kerajinan Kreasi Tas Anyaman Dodik Alfi Blitar berhasil meningkatkan omzet penjualan sehingga strategi tersebut bisa diterapkan di usaha lain untuk meningkatkan omzet penjualan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 126405213211 NUR LAILATUL JANNAH |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 03:19 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 03:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |