EFTI KUSNA HIDAYATI, 126205212101 (2025) PERAN GURU DALAM MEMBINA KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DI MI NURUL ISLAM SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (982kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (882kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Konteks penelitian ini membahas mengenai peran guru yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Pendidikan tidak hanya mengembangkan potensi intelektual dan keterampilan, namun juga menanamkan nilai-nilai etika dan moral yang baik sesuai ajaran agama. Setiap peserta didik memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Kepribadian yang sering dijumpai yaitu kepribadian sanguin, fkelmantik dan melankolis. Guru perlu membina kepribadian peserta didik sesuai dengan karakteristik masing-masing peserta didik agar dapat mengenal dan mengoptimalkan potensinya. Guru di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung berupaya membina kepribadian peseta didik dengan melakukan pembiasaan dan pendekatan dengan peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Peran Guru dalam Membina Kepribadian Sanguin Peserta Didik di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana Peran Guru dalam Membina Kepribadian Flekmantik Peserta Didik di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana Peran Guru dalam Membina Kepribadian Melankolis Peserta Didik di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan peningkatan ketekunan, triangulasi (sumber, metode dan data) dan pengecekan sejawat. Sedangkan analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru berperan penting dalam membina kepribadian sanguin dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan melalui media pembelajaran yang tidak monoton (2) Guru berperan penting dalam membina kepribadian flekmantik dengan mengarahkan dan membimbing peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran melalui pancingan pertanyaan, pemberian tanggung jawab dan mengapresiasi kemampuan peserta didik (3) Guru berperan penting dalam membina kepribadian melankolis dengan memberikan arahan, dorongan, nasehat dan pendekatan dalam menyelesaikan permasalahan peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembiasaan Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212101 EFTI KUSNA HIDAYATI |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:36 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 02:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |