MEMBANGUN KEPERCAYAAN KONSUMEN MELALUI LABELISASI HALAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI WISATA KULINER DAERAH (Studi Kasus Pada Sentra Kuliner Soto Bok Ijo Tamanan Kediri dan Kawasan Kuliner Halal Tulungagung)

M. AGUS SALIM LUTFI, 1880508220029 (2024) MEMBANGUN KEPERCAYAAN KONSUMEN MELALUI LABELISASI HALAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI WISATA KULINER DAERAH (Studi Kasus Pada Sentra Kuliner Soto Bok Ijo Tamanan Kediri dan Kawasan Kuliner Halal Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (819kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis dengan judul “MEMBANGUN KEPERCAYAAN KONSUMEN MELALUI LABELISASI HALAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI WISATA KULINER DAERAH (Studi Kasus Pada Sentra Kuliner Soto Bok Ijo Tamanan Kediri).” ini ditulis oleh M. Agus Salim Lutfi, NIM. 1880508220029, Program Studi Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dibimbing oleh Dr. H. Mashudi, M.Pd.I. dan Dr. Rokhmat Subagiyo, M.E.I. Kata Kunci: Literasi Halal, Labelisasi Halal, Soto Ayam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memahami lebih dalam bagaimana label halal dapat membangun kepercayaan konsumen dan mendukung peningkatan penjualan di sentra kuliner lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran labelisasi halal dalam membangun kepercayaan konsumen dan dampaknya terhadap peningkatan penjualan di sentra kuliner daerah, dengan fokus pada kawasan Soto Bok Ijo Tamanan di Kediri. Pertanyaan dalam penelitian ini meliputi : (1) Bagaimana tingkat literasi halal di kalangan pengelola dan pedagang di Sentra Kuliner Bok Ijo Tamanan Kediri?; (2) Bagaimana dampak literasi halal pada keputusan wisatawan dalam memilih destinasi wisata kuliner di Bok Ijo Tamanan Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, pengambilan data, dan verifikasi NVivo12. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini diukur dengan credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya label halal mampu meningkatkan keyakinan konsumen terhadap keamanan dan kehalalan produk, sehingga mendorong keputusan pembelian yang lebih tinggi. Penerapan label halal tidak hanya berperan dalam meningkatkan volume penjualan, tetapi juga memperkuat citra positif sentra kuliner sebagai destinasi wisata yang aman dan layak bagi berbagai kalangan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1880508220029 M. AGUS SALIM LUTFI
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:59
Last Modified: 11 Sep 2025 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61895

Actions (login required)

View Item View Item