LULUK KUMALA, 2811133132 (2017) PENGARUH PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI IBADAH SHALAT DAN MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII DI MTS AL-MA’ARIF PON-PES PANGGUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (564kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (142kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (294kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (484kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (936kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (857kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Ibadah Sholat dan Motivasi Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas 7 Di MTS Al-Ma’arif Pon-Pes Panggung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017”, ini ditulis oleh Luluk Kumala, NIM. 2811133132. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I, NIP. 19720601 200003 1 002 Kata Kunci: Pendidikan Orang Tua, Motivasi Ibadah Shalat, Motivasi Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi ibadah shalat dan membaca Al-Qur’an siswa. Bahwa kenyataanya pendidikan orang tua baik yang berpendidikan tinggi maupun berpendidikan rendah sama sekali tidak mempengaruhi hasil belajar mereka, karena pembinaan ibadah sholat dan pengajaran membaca Al-Qur’an ini tidak bisa dilepaskan dari peran orang tua yang mana dapat dilakukan oleh orang tua dengan memberikan pendidikan keagamaan sedini mungkin ke anak. Kebiasaan inilah yang harus ditanamkan dalam lingkungan keluarga. Karena pada kenyataannya anak lebih banyak tinggal dirumah bersama keluarga dibandingkan dengan orang lain. Maka frekuensi anak untuk meniru kedua orang tuanya pun lebih besar. Oleh sebab itu orang tua harus bisa memberikan motivasi, dorongan dan contoh teladan yang baik untuk anak-anaknya, khususnya dalam pelaksanaan ibadah sholat dan pengajaran membaca Al-Qur’an. Rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh pendidikan orang tua terhadap motivasi ibadah sholat siswa kelas VII di MTs Al-Ma’arif Pon-Pes Panggung Tulungagung Tahun Ajaran 2016-2017? (2) Adakah pengaruh pendidikan orang tua terhadap motivasi membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di MTs Al-Ma’arif Pon-Pes Panggung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? (3) Adakah pengaruh secara bersama-sama pendidikan orang tua terhadap motivasi ibadah sholat dan motivasi membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di MTs Al-Ma’arif Pon-Pes Panggung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan orang tua terhadap motivasi ibadah sholat siswa kelas VII di MTs Al-Ma’arif Pon-Pes Panggung Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan orang tua terhadap motivasi membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di MTs Al-Ma’arif Pon-Pes Panggung Tulungagung (3) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama pendidikan orang tua terhadap motivasi ibadah sholat dan motivasi membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di MTs Al-Ma’arif Pon-Pes Panggung Tulungagung Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi Mts Al-Ma’arif Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017, yang terdiri dari 212 orang. Dengan teknik sampling Purposive sampling diperoleh sampel 109 siswa. Variabel bebas:Pendidikan Orang Tua. Variabel terikat: Motivasi beribadah shalat, dan motivasi membaca Al-Qur’an. Sumber data: Responden dan Dokumen. Teknik pengumpulan data: angket. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas dan manova dengan bantuan SPSS for Windows 18.0. Hasil penelitian: (1) Tidak ada pengaruh signifikan antara pendidikan orang tua terhadap motivasi ibadah shalat siswa kelas VII Mts Al-Ma’arif . Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,643 lebih dari 0,05. (2) Tidak ada pengaruh signifikan antara pendidikan orang tua terhadap motivasi membaca Al-Qur’an siswa kelas VII Mts Al-Ma’arif yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,307 lebih dari 0,05. (3) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan orang tua terhadap motivasi ibadah shalat nilai signifikansi 0,643 dan motivasi membaca Al-Qur’an nilai signifikansi 0,307 karena keduanya lebih dari 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133132 LULUK KUMALA |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 07:40 |
Last Modified: | 02 Nov 2017 07:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6200 |
Actions (login required)
View Item |