PENGARUH METODE DEMONSTRASI DAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PAI KELAS X JURUSAN TPM DAN TKJ DI SMK SORE TULUNGAGUNG

SULIKHAH KHOIRUL NIKMAH, 2811133252 (2017) PENGARUH METODE DEMONSTRASI DAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PAI KELAS X JURUSAN TPM DAN TKJ DI SMK SORE TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Demonstrasi Dan Metode Tanya Jawab Terhadap Peningkatan Pemahama Materi PAI Kelas X di SMK SORE Tulungagung”, ini ditulis oleh Sulikhah Khoirul Nikmah, NIM. 2811133252. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh,M.Pd.I, NIP. 19691206 199903 1 003 Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Metode Tanya Jawab dan Pemahama Materi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan oleh guru, itu semua disebakan kurang konsentrasinya siswa dalam mengikuti pembelajaran, dimana guru yang cenderung menggunakan metode yang tetap tanpa adanya variasi akan membuat peserta didik mengalami kejenuhan dalam mengikuti pembelajajaran, nmaun berbeda jika guru menggunakan metode demonstrasi dan metode tanya Jawab, dengan kedua metode tersebut akan membuat siswa lebih tertarik dan fokus dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap peningkatan pemahaman materi PAI kelas X di SMK SORE Tulungagung. 2)Untuk mengetahui pengaruh metode tanya jawab terhadap peningkatan pemahaman materi PAI kelas X di SMK SORE Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara metode demonstrasi dan metode tanya jawab terhadap peningkatan pemahama materi PAI kelas X di SMK SORE Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas X jurusan TPM dan TKJdi SMK SORE Tulungagung, yaitu sebayak 379 anak. Dengan teknik sampling random sampling dan mengambil 25% dari jumlah populasi yang ada diperoleh sampel 95 anak. Variabel bebas: Metode demonstrasi dan Metode tanya jawab. Variabel terikat: Pemahaman Materi PAI . Sumber data: angket, dokumen, observasi, dan wawancara. Teknik pengumpulan data: angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan regresi ganda dengan bantuan SPSS for Windows 24.0. Hasil penelitian: (1)Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode demonstrasi terhadap peningkatan pemahama materi kelas X di SMK SORE Tulungagung. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa t-hitung metode demonstrasi = 0,892 lebih besar dari t-tabel = 0,202. (2)Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode tanya jawab terhadap peningkatan pemahama materi PAI kelas X di SMK SORE Tulungagung , t-hitung metode tanya jawab menunjukkan = 4,747 lebih besar dari t-tabel = 0,202 (3)Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara metode demonstrasi da metode tanya jawab terhadap peningkatan pemahama materi PAI kelas X di SMK SORE Tulungagung yang ditunjukkan oleh oleh nilai t-hitung = 18,504.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133252 SULIKHAH KHOIRUL NIKMAH
Date Deposited: 05 Oct 2017 07:42
Last Modified: 05 Oct 2017 07:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6221

Actions (login required)

View Item View Item