PENGARUH E-COMMERCE PENDAPATAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN TINJAUAN PRINSIP KONSUMSI ISLAM (Studi Pada Generasi Z di Kabupaten Trenggalek)

HESNA RENI RAHMAWATI, 126402212169 and FITRIANATSANY, 199011122020122011 (2025) PENGARUH E-COMMERCE PENDAPATAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN TINJAUAN PRINSIP KONSUMSI ISLAM (Studi Pada Generasi Z di Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (687kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan Judul “Pengaruh E-commerce, Pendapatan, dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif dengan Tinjauan Prinsip Konsumsi Islam (Studi Pada Generasi Z di Kabupaten Trenggalek)” ini ditulis oleh Hesna Reni Rahmawati, NIM. 126402212169, dengan pembimbing Fitrianatsany, S.Sos, M.A. Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, E-commerce, Pendapatan, Literasi Keuangan, Prinsip Konsumsi Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku konsumtif di kalangan generasi Z di Kabupaten yang semakin meningkat seiring pesatnya perkembangan teknologi, khususnya dengan adanya kemudahan akses pada platform e-commerce yang menyebabkan perubahan dalam pola berbelanja. Perubahan pola konsumsi ini diperkuat oleh faktor pendapatan dan literasi keuangan yang beragam, yang dalam praktiknya sering kali bertentangan dengan prinsip konsumsi islam yang menekankan keseimbangan dan menghindari dari sikap berlebihan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisis pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif Generasi Z di Kabupaten Trenggalek dengan tinjauan prinsip konsumsi islam. 2) Untuk menganalisis pengaruh pendapatan terhadap perilaku konsumtif Generasi Z di Kabupaten Trenggalek dengan tinjauan prinsip konsumsi islam. 3) Untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif Generasi Z di Kabupaten Trenggalek dengan tinjauan prinsip konsumsi islam. 4) Untuk menganalisis pengaruh e-commerce, pendapatan dan literasi keuangan secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif Generasi Z di Kabupaten Trenggalek dengan tinjauan prinsip konsumsi islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis asosiatif. Data diperoleh melalui kuisioner online kepada generasi Z di Kabupaten Trenggalek. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden berdasarkan rumus Slovin. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 25 melalui serangkaian uji, seperti validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, regresi linear berganda, uji parsial, simultan, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) e-commerce secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Trenggalek. 2) pendapatan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Trenggalek. 3) literasi keuangan secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Trenggalek. 4) e-commerce, pendapatan, dan literasi keuangan secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Trenggalek. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku konsumtif generasi Z di Kabupaten Trenggalek belum sepenuhnya mencerminkan prinsip konsumsi dalam Islam seperti kesederhanaan, keseimbangan, keadilan, moralitas, dan tanggung jawab sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > E-Commerce
Ekonomi > Pendapatan
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402212169 HESNA RENI RAHMAWATI
Date Deposited: 08 Oct 2025 03:00
Last Modified: 08 Oct 2025 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62944

Actions (login required)

View Item View Item