AHMAD FAISAL HAQ, 126201212132 and KHOIRUL ANAM, 198008252006041007 (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN PADA SISWA SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER.pdf Download (959kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text ABSTRAK.pdf Download (357kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR ISI.pdf Download (246kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB I.pdf Download (470kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | 
Abstract
Skripsi ini ditulis oleh Ahmad Faisal Haq, 126201212132. Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al qur’an pada Siswa SMAN 1 Kalidawir Tulungagung. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Bapak Dr. H Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Kemampuan Membaca Al Qur’an. Penelitian ini didasarkan pada konteks dilokasi penelitian tentang strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al qur’an pada siswa. Kesulitan pengajaran al qur’an bagi anak-anak merupakan hal yang lumrah seperti tidak lancar,tidak fasih. Kesulitan itu disebabkan oleh pemahaman ilmu tajwid yang masih kurang sehingga membuat mereka kesulitan membaca. Oleh karena itu guru PAI perlu menerapkan strategi untuk meningkatkan kemampuan membaca al qur’an pada siswa agar mereka tidak kesulitan lagi dalam membac al qur’an. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan metode guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al qur’an pada siswa SMAN 1 Kalidawir Tulungagung. 2) untuk mendeskripsikan teknik guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al qur’an pada siswa SMAN 1 Kalidawir Tulungagung. 3) untuk mendeskripsikan taktik guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al qur’an pada siswa SMAN 1 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diambil dari guru PAI, Waka Kurikulum dan siswa SMAN 1 Kalidawir Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, enyajian data dan penariakn kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik , Ketekunan atau Keajegan Pengamatan, Perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al qur’an pada siswa SMAN 1 Kalidawir Tulungagung adalah menggunakan berbagai metode, tetapi yang paling sering digunakan adalah metode talaqqi dimana guru membacakan ayat terlebih dahulu kemudian meminta siswa untuk maju dua-dua. 2) Teknik guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al qur’an pada siswa SMAN 1 Kalidawir Tulungagung adalah menggunakan beberapa tektik seperti Simak dan Tiru (Istima' wa Taqleed) dimana Guru membaca satu ayat atau potongan ayat, lalu murid menyimak dan menirukan. Kemudian ada Perbaikan Langsung (Tashhih Qira’ah) Jika murid melakukan kesalahan, guru langsung membetulkannya secara lisan saat itu juga. Ada juga Pengulangan Ayat (Takrar) dimana ayat yang sama diulang beberapa kali sampai murid benar-benar menguasainya. Ada juga bacaan bergantian (Qira’ah Tanaubiyah) disini murid dan guru membaca secara bergantian, ayat demi ayat. Dan yang terakhir ada muroja’ah murid mengulang kembali ayat-ayat yang telah dipelajari sebelumnya untuk memperkuat hafalan dan bacaan. Teknik ini terbukti efektif dalam memperbaiki kualitas bacaan, meningkatkan hafalan, memahami tajwid, dan menumbuhkan keberanian siswa untuk membaca di depan kelas. 3) Taktik guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al qur’an pada siswa SMAN 1 Kalidawir Tulungagung adalah membangun kedekatan emosional guru menciptakan suasana yang nyaman agar murid tidak merasa tertekan saat membaca. menggunakan nada dan irama yang menarik guru membaca dengan lagu (nagham) tertentu untuk menarik perhatian dan memudahkan murid menirukan. pemberian motivasi harian guru memberikan motivasi atau pujian untuk meningkatkan semangat belajar murid. menetapkan target harian setiap murid diberi target bacaan harian yang sesuai kemampuan masing-masing. Taktik ini mendorong siswa untuk lebih bersemangat belajar membaca al qur’an dan menumbuhkan rasa cinta terhadap al qur’an. Dukungan dari sekolah juga turut memperkuat proses ini, seperti melalui program BTQ setiap Jumat pagi.
| Item Type: | Skripsi | 
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Islam | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | 126201212132 AHMAD FAISAL HAQ | 
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 08:37 | 
| Last Modified: | 27 Oct 2025 08:37 | 
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63530 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        