STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK PADA KURIKULUM MERDEKA DI MI DARUL HUDA NGANTRU TULUNGAGUNG

'INDANA SHOKHIBATUL FADHILAH, 126205212164 and TIMBUL, 196110101992031002 (2025) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK PADA KURIKULUM MERDEKA DI MI DARUL HUDA NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (601kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik pada Kurikulum Merdeka di MI Darul Huda Ngantru Tulungagung” yang ditulis oleh 'Indana Shokhibatul Fadhilah, NIM. 126205212164, dengan pembimbing Drs. Timbul, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Religius, Kurikulum Merdeka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya etika dan moral seperti rendahnya rasa hormat terhadap guru dan orang tua, kurang menghargai temannya, berkata kotor terhadap temannya, sering membully temannya, hal ini tampak dari perilaku siswa kelas 4 di MI Darul Huda Ngantru Tulungagung. Karakter religius yang cenderung rendah menyebabkan minimnya etika dan moral siswa terhadap guru, orang tua, dan temannya. Padahal, kurikulum merdeka hadir memberikan kebijakan baru yang menekankan pada karakter peserta didik terutama penguatan nilai-nilai religius melalui dimensi profil pelajar Pancasila, yaitu pada poin beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Impelementasi kurikulum merdeka memberikan ruang yang luas bagi guru untuk merancang pembelajaran yang tidak hanya menekankan pada aspek kognitif, tetapi juga aspek afektif, dan psikomotorik, terutama pada penguatan karakter religius peserta didik. Oleh karena itu, peran dan strategi guru sangat sentral untuk menginternalisasikan nilai-nilai religius melalui proses pembelajaran yang terencana dan bermakna serta mampu mengatasi rendahnya etika dan moral peserta didik agar lebih baik dan sesuai dengan tujuan Pendidikan karakter kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh guru kelas 4 dalam membentuk karakter religius peserta didik pada kegiatan pembelajaran di madrasah, (2) mendeskripsikan strstegi guru dalam membentuk karakter religius peserta didik pada kegiatan pembelajaran intrakurikuler, serta (3) mengidentifikasi faktor penghambat dalam pembentukan karakter religius peserta didik pada implementasi kurikulum merdeka di MI Darul Huda Ngantru Tulungagung. Adapun fokus utama penelitian ini mengarah pada implementasi strategi guru dalam kegiatan pembelajaran intrakurikuler serta aktivitas pendukung yang bertujuan memperkuat nilai-nilai religius pada peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru kelas 4, kepala madrasah, siswa kelas 4 serta dokumentasi kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan keagamaan di madrasah. Seluruh data yang diperoleh dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa guru kelas 4 menggunakan beberapa strategi dalam pembentukan karakter religius peserta didik, yaitu: (1) dengan internalisasi nilai-nilai religius dalam pembelajaran intrakurikuler, (2) guru kelas 4 mendisiplinkan pembiasaan keagamaan seperti sholat berjamaah, tadarus, dan istighosah, (3) guru kelas 4 memberikan keteladanan dalam sikap dan perilaku sehari-hari. Namun, terdapat beberapa hambatan seperti adanya anak berkebutuhan khusus, keterbatasan waktu pelaksanaan, perbedaan latar belakang keluarga peserta didik, dan kurangnya konsistensi dalam penerapan nilai-nilai religius di luar madrasah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi yang diimplementasikan oleh guru kelas 4 efektif dan sejalan dengan prinsip-prinsip kurikulum merdeka yang menitikberatkan pada penguatan karakter dan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212164 'INDANA SHOKHIBATUL FADHILAH
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:41
Last Modified: 28 Oct 2025 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63574

Actions (login required)

View Item View Item