PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

YOLANA ALFIANSYAH, 126211211036 and HUSNI CAHYADI KURNIAWAN, 198912042023211023 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (432kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (776kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Yolana Alfiansyah, NIM. 126211211036, dengan pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Pemahaman Konsep, Keaktifan, Sistem Tata Surya Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan keaktifan siswa dalam pembelajaran yang disebabkan oleh banyaknya siswa yang cenderung berbicara sendiri dengan teman sebayanya dan kurang memperhatikan guru ketika pembelajaran berlangsung. Hal ini terjadi karena guru menjadi pusat perhatian selama pembelajaran dan materi yang disampaikan cukup banyak, sehingga siswa cenderung bosan dalam belajar. Oleh karena itu, pembelajaran membutuhkan model pembelajaran yang mampu membangkitkan semangat belajar siswa, salah satunya menggunakan model pembelajaran two stay two stray untuk membantu meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran two stay two stray (TSTS) terhadap pemahaman konsep pada materi sistem tata surya kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran two stay two stray (TSTS) terhadap cara keaktifan siswa pada materi sistem tata surya kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran two stay two stray (TSTS) terhadap pemahaman konsep dan keaktifan siswa pada materi sistem tata surya kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngunut sebanyak 396 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII D sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan yakni purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes dan observasi. Analisis data yang digunakan yakni uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan homogenitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan independent sample T-Test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap pemahaman konsep pada materi sistem tata surya kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut dengan nilai Sig. (2-Tailed) 0,043 < 0,05. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap keaktifan siswa pada materi sistem tata surya kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut dengan nilai Sig. (2-Tailed) 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap pemahaman konsep dan keaktifan siswa pada materi sistem tata surya kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut dengan nilai Sig. (2-Tailed) 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211211036 YOLANA ALFIANSYAH
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:19
Last Modified: 28 Oct 2025 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63580

Actions (login required)

View Item View Item