STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada Pabrik Roti Tita Desa Kalangan, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung)

MUHAMMAD FAIZ BINASHRILLAH, 126402213224 and QOMARUL HUDA, 197304142003121003 (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada Pabrik Roti Tita Desa Kalangan, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Produk untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus pada Pabrik Roti Tita Desa Kalangan, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung)” yang ditulis oleh Muhammad Faiz Binashrillah, NIM. 126402213224, Dosen Pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Produk, Penjualan, Pabrik Roti, UMKM Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengembangan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Pabrik Roti Tita, yang memegang peranan penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. Dalam menghadapi persaingan pasar dan tuntutan konsumen, pengembangan produk menjadi salah satu strategi utama yang diterapkan oleh UMKM untuk meningkatkan penjualan. Pabrik Roti Tita berusaha untuk menciptakan dan mengembangkan produk-produk roti yang variatif serta sesuai dengan kebutuhan konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pengembangan produk di Pabrik Roti Tita?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan produk di Pabrik Roti Tita?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk strategi pengembangan produk serta faktorfaktor yang mempengaruhi keberhasilannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara dengan pemilik dan karyawan Pabrik Roti Tita, serta dokumentasi aktivitas produksi dan pemasaran. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pengembangan produk di Pabrik Roti Tita mengikuti tahapan menurut Kotler, dimulai dari penciptaan ide yang terbuka dan partisipatif, penyaringan ide berdasarkan biaya, bahan baku, dan daya terima pasar, serta pengujian konsep melalui sampel dan uji teknis. Strategi pemasaran dilakukan dengan promosi digital dan kegiatan sosial, sedangkan analisis bisnis dilakukan secara praktis dengan fokus pada efisiensi dan target harian. Produk dikembangkan melalui peningkatan kualitas, kemasan, dan alat produksi, lalu diuji pasar melalui event lokal dan pelanggan tetap. Tahap akhir komersialisasi dilakukan melalui reseller, toko mitra, dan momentum musiman, mencerminkan pendekatan adaptif berbasis pengalaman lapangan dan hubungan konsumen. 2) Faktor pendukung dalam pengembangan produk meliputi keterlibatan konsumen dalam penciptaan ide, fleksibilitas dalam pengembangan produk, serta strategi pemasaran untuk promosi dan interaksi pelanggan. Sementara itu, faktor penghambatnya adalah keterbatasan sumber daya manusia dalam komersialisasi, keterbatasan modal dalam pengujian pasar dan konsep, dan persaingan pasar yang semakin ketat dalam strategi pemasaran. Meskipun demikian, kekuatan internal yang dimiliki Pabrik Roti Tita menunjukkan potensi besar untuk mengatasi hambatan dan mendukung pengembangan produk secara berkelanjutan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Kualitas Produk
Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402213224 MUHAMMAD FAIZ BINASHRILLAH
Date Deposited: 30 Oct 2025 01:53
Last Modified: 30 Oct 2025 01:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63616

Actions (login required)

View Item View Item