AHMAD FUADDIN FIRMANSYAH, 126407212034 and ABDUL HARIS PERWIRANEGARA, 198306072025211023 (2025) IMPLEMENTASI STRATEGI STP PADA PELAYANAN UMRAH DI PT.ARMINA MABROR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (575kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (116kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (248kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Strategi STP pada Pelayanan Umrah di PT.Armina Mabror” ini di tulis oleh Ahmad Fuaddin Firmansyah, mahasiswa Program Studi Pariwisata Syariah di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Abdul Haris Perwiranegara. SE., M.M. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Segmenting, Targeting, Positioning, Pelayanan, Umrah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkanan atau menjaga kualitas pelayanan umrah di tengah tingginya minat masyarakat Indonesia untuk beribadah ke Tanah Suci, baik melalui haji maupun umrah. Keterbatasan kuota haji dan waktu tunggu yang panjang menjadikan umrah sebagai alternatif yang banyak diminati. Dalam menghadapi persaingan antar biro perjalanan umrah, strategi pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dinilai penting untuk diterapkan, tidak hanya dalam aspek promosi, tetapi juga dalam manajemen pelayanan yang menyesuaikan dengan kebutuhan beragam segmen jemaah. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi strategi STP pada pelayanan umrah di PT.Armina Mabror Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman, serta diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi STP juga diterapkan dalam promosi dengan perbedaan harga paket dan preferensi pembelian. Dan juga diterapkan melalui pelayanan yang disesuaikan dengan kebutuhan jemaah. Segmentasi dilakukan secara fungsional berdasarkan usia, asal daerah, jenis paket, dan preferensi individual. Target pasar bersifat menyeluruh dan inklusif. Positioning perusahaan dibangun melalui pendekatan kekeluargaan dan kepercayaan. Pelayanan umrah diberikan secara fleksibel dan penuh perhatian, sehingga menciptakan kepuasan dan loyalitas jemaah.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Agama Agama > Haji Fiqih > Haji Fiqih > Ibadah Sunnah Pariwisata > Paket Wisata Ekonomi > Promosi Pariwisata > Wisata Religi Ekonomi > Strategi Pemasaran Ekonomi > Umum |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah |
| Depositing User: | 126407212034 AHMAD FUADDIN FIRMANSYAH |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 02:29 |
| Last Modified: | 31 Oct 2025 02:29 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63644 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
