PENGARUH DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI NGANTRU

MAR’ATUS SOLIKAH, 2814133108 (2017) PENGARUH DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI NGANTRU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (340kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Media Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Ngantru” ini ditulis oleh Mar’atus Solikah, NIM.2814133108, pembimbing Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci : Discovery Learning, Media, Pemaham Konsep Persepsi siswa bahwa matematika itu pelajaran yang dianggap sulit membuat siswa mudah bosan saat proses pembelajaran matematika. Siswa sering ramai sendiri saat guru menjelaskan materi. Hal tersebut menjadi penyebab rendahnya pemahaman konsep matematika siswa. Oleh karena itu perlu suatu metode pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan memahami konsep dari materi yang diajarkan salah satunya adalah Discovery Learning. Discovery Learning adalah suatu metode pembelajaran yang mengarahkan kepada siswa untuk menemukan konsep dari materi pembelajarannya sendiri. Guru menyampaikan materi tidak dalam bentuk finalnya dan guru berperan sebagai fasilitator. Didukung oleh suatu media pembelajaran yang sesuai sehingga dapat menambah pemahaman siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Discovery Learning berbantuan media terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Ngantru, 2) Untuk mengetahui berapa besarnya pengaruh Discovery Learning berbantuan media terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Ngantru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II MTs Negeri Ngantru. Dengan menggunakan teknik purposive Sampling diperoleh dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII-B dan VIII-C. Kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diketahui bahwa : 1) Ada pengaruh Discovery Learning berbantuan media terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Ngantru. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji statistik yang diperoleh t_hitung (2,139)>t_tabel (1,661). 2) Besar pengaruh Discovery Learning berbantuan media terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Ngantru adalah 0,449. Di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s d tergolong kecil dengan persentase sebesar 66%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: skripsi 2814133108 Mar'atus Solikah
Date Deposited: 03 Nov 2017 07:17
Last Modified: 03 Nov 2017 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6395

Actions (login required)

View Item View Item