DITA AMALIA PUTRI AGUSTINA, 126210212102 and TITIK DWI RAMTHI HAKIM, 198603022012122002 (2025) REPRESENTASI KELAS SOSIAL DALAM NOVEL TERUSLAH BODOH JANGAN PINTAR KARYA TERE LIYE DAN PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN TEKS NOVEL DI MA FASE F. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (328kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (150kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Representasi Kelas Sosial dalam Novel Teruslah Bodoh Jangan Pintar karya Tere Liye dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Teks Novel di MA Fase F” ini ditulis oleh Dita Amalia Putri Agustina, NIM. 126210212102, dengan pembimbing Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata Kunci: Representasi Kelas Sosial, Novel, Pembelajaran Teks Novel Isu kelas sosial dan ketimpangan sering kali tercermin dalam karya sastra, termasuk novel. Fenomena ini juga tampak dalam dunia pendidikan, seperti perbedaan perlakuan yang diterima oleh siswa dari latar belakang ekonomi. Hal ini menunjukkan pentingnya mengangkat isu sosial dalam pembelajaran. Novel Teruslah Bodoh Jangan Pintar karya Tere Liye merepresentasikan konflik antara kelas borjuis dan proletar secara kuat. Hingga kini, analisis representasi kelas sosial yang terkandung dalam novel ini juga belum pernah dilakukan oleh peneliti terdahulu. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis representasi kelas sosial dalam novel Teruslah Bodoh Jangan Pintar karya Tere Liye dan pemanfaatannya dalam pembelajaran teks novel di MA fase F. Sumbangsih keilmuan yang diharapkan dari penelitian ini meliputi dua hal penting, yaitu (1) representasi kelas sosial dalam novel Teruslah Bodoh Jangan Pintar karya Tere Liye; dan (2) pemanfaatan representasi kelas sosial dalam novel Teruslah Bodoh Jangan Pintar karya Tere Liye dalam pembelajaran teks novel di MA Fase F. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra Marxis. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan dialog dan narasi dalam novel Teruslah Bodoh Jangan Pintar karya Tere Liye yang mengarah pada bentuk representasi kelas sosial dan hasil wawancara dengan guru Bahasa Indonesia di MA Ma’arif Udanawu. Cara pengumpulan data dilakukan dengan membaca sumber data secara berulang-ulang yang menjadikan peneliti sebagai human instrumen. Data diidentifikasi dan diklasifikasikan menggunakan tabel kodifikasi data yang telah dibuat dengan didasari pada permasalahan yang akan dikaji. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data baca-catat dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Penelitian ini mengungkap bahwa novel Teruslah Bodoh Jangan Pintar karya Tere Liye merepresentasikan dua kelas utama, yaitu borjuis dan proletar, yang ditampilkan melalui tiga aspek: (1) latar sosial (gaya hidup, akses pendidikan, profesi); (2) kepemilikan alat produksi (usaha, aset, dan jaringan bisnis); dan (3) aktivitas sosial (relasi antarkelas dan konflik sosial). Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran teks novel di MA fase F sesuai dengan Kurikulum Merdeka, dengan memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang ketimpangan sosial dan nilai-nilai keadilan.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Bahasa Dan Sastra > Novel Pendidikan Islam Bahasa Dan Sastra > Sastra Bahasa Dan Sastra > Writing |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | 126210212102 DITA AMALIA PUTRI AGUSTINA |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 03:25 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 03:25 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
