PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI MATERI JENIS PASAR DAN SISTEM PEMBAYARAN KELAS VII MTS PSM REJOTANGAN

YUNIS SETYOWATI, 12209183043 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI MATERI JENIS PASAR DAN SISTEM PEMBAYARAN KELAS VII MTS PSM REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (947kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (688kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Jenis Pasar Dan Sistem Pembayaran Kelas VII MTs PSM Rejotangan” yang ditulis oleh yunis setyowati, NIM.12209183043. Dengan Dosen pembimbing Bapak Hendra Pratama, M.Pd. Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Vidio Animasi Penelitian ini di latar belakangi oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat. Di sekolah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan materi jenis pasar dan sistem pembayaran merupakan pelajaran yang butuh di inovasi metode belajarnya. Banyak sekolah menengah yang belajar IPS masih menggunakan metode ceramah atau guru sebagai HOTS sehingga peserta didik kurang berminat, ramai dan enggan memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh guru. Peneliti berinisiatif melakukan inovasi pada metode pembelajaran IPS yakni dengan pembuatan video animasi yang di dalamnya membahas materi-materi mata pelajaran IPS. Video ini dibuat untuk memudahkan siswa dalam belajar baik di sekolah maupun di luar sekolah dengan memanfaatkan teknologi komunikasi baik handphone maupun laptop dan computer yang terhubung dengan akses internet. Dan juga pembelajaran dengan menggunakan video animasi ini dapat menarik minat siswa dalam belajar. Rumusan masalah pada penulisan skripsi ini terdiri dari 1) Bagaimana pengembangan media video animasi pada pembelajaran IPS kelas VII di MTsS PSM Rejotangan ? 2) Bagaimana dampak dari pembelajaran IPS terpadu yang menggunakan media animasi pada materi jenis pasar dan system pembayaran ? Pada penelitian ini ditunjukkan pengembangan media pembelajaran video animasi materi jenis pasar dan sistem pembayaran. Pengembangan dengan R&D yakni mengolah data dengan teknik data primer dan hasil observasi, pre-test dan pos-test, data sekunder berasal dari validasi ahli media, ahli materi dan hasil respon guru IPS. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 10 responden untuk teman sejawat, 10 siswa untuk skala kecil dan 25 siswa pada kelas VII untuk uji coba skala besar atau uji lapangan. Analisis data yang digunakan menggunakan skala linkert dari masing masing validator diperoleh sebesar 85,71%, 68,5% dan 85,3% dari keseluruhan dapat dikriteriakan valid. Hasil dari perhitungan regresi dari kuis memperoleh nilai signifikan 0,000 ≤ 0,07 yang menyatakan bahwa data tersebut dapat diterima dan valid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209183043 YUNIS SETYOWATI
Date Deposited: 18 Dec 2025 02:20
Last Modified: 18 Dec 2025 02:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64084

Actions (login required)

View Item View Item