ARISTA HAPSARI PUTRI, 126306213129 and FEBRANTI PUTRI NAVION, 199009212019032026 (2025) EFEKTIVITAS TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ASERTIVITAS PADA MAHASISWA BARU BIMBINGAN KONSELING ISLAM UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (501kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (444kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (497kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (627kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (866kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (983kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (576kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Arista Hapsari Putri, 126306213129, Efektivitas Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Kemampuan Asertivitas Pada Mahasiswa Baru UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Skripsi. Program Studi Bimbingan Konseling Islam. Jurusan Dakwah. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Febranti Putri Navion, M.Pd Kata Kunci :Teknik Cognitive Restructuring, Kemampuan Asertivitas, Mahasiswa Baru. Penulis mencoba meneliti mengenai Efektivitas Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Kemampuan Asertivitas Pada Mahasiswa Baru Bimbingan Konseling Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan ialah: (1) Untuk mengetahui apakah teknik cognitive restructuring efektif dalam meningkatkan kemampuan asertivitas pada mahasiswa baru Bimbingan Konseling Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. (2) Untuk mengetahui seberapa signifikan peningkatan kemampuan asertivitas pada mahasiswa baru Bimbingan Konseling Islam setelah mengikuti konseling dengan teknik Cognitive Restructuring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental menggunakan design one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa baru Bimbingan Konseling Islam yang berjumlah 133 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Uji validitas, reliabilitas, dan uji normalitas dilakukan sebelum analisis data. Teknik analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test. Hasil Penelitian ini menunjukkan : (1) Nilai signifikasi sebesar 0,001 < 0,05. Dengan demikian, H₁ diterima dan H₀ ditolak. Artinya terdapat efek yang signifikan bahwa teknik cognitive restructuring efektif dalam meningkatkan kemampuan asertivitas pada mahasiswa baru Bimbingan Konseling Islam. (2) Hasil analisis N-Gain juga menunjukkan 60,02% termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan diperkuat hasil nilai rata-rata pretest 113,4 dan posttest 143, terdapat selisih 29,6. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat efek peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan asertivitas pada mahasiswa baru Bimbingan Konseling Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
| Depositing User: | 126306213129 ARISTA HAPSARI PUTRI |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 07:35 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 07:35 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
